Permainan Bahasa sebagai Media Literasi Siswa Kelas Rendah SD Kota Yogyakarta

Permainan Bahasa sebagai Media Literasi Siswa Kelas Rendah SD Kota Yogyakarta

Authors

  • Siti Anafiah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2190

Keywords:

Permainan bahasa, Literasi, Media, Language game, Literacy

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan dampak pemanfaatan permainan bahasa sebagai media literasi siswa kelas rendah SD Kota Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling, yakni siswa kelas rendah di 5 SD Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dibantu pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data melalui observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan teknik analisis yang dikembangkan oleh Moleong. Pengecekan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat permainan bahasa yang digunakan guru, diantara Permainan Menjodohkan Gambar dan Kata, Permainan Kata dan Huruf, Permainan Memilih Kalimat, Permainan Melengkapi Kalimat, dan Cerita Berantai. Penggunaan media permainan bahasa dalam mengembangkan literasi mempunyai dampak bagi siswa, yaitu menjadi lebih aktif, percaya diri, semangat, dan termotivasi.

Abstract
This study aims to determine the process and the impact of the use of language games as a medium of literacy for elementary school low grade students in Yogyakarta. The type of research is qualitative research. The subjects used purposive sampling, low grade students in 5 elementary schools of Yogyakarta. The research instrument is selfassisted researcher guided interview, observation, and documentation. Data collection procedures through participant observation, in-depth interviews and documentation. Data analysis techniques using analytical techniques developed by Moleong. Check the validity of data using degree of trust. The results show there are language games used by teachers, between Games Matching Pictures and Words, Word and Letter Games, Game Sentence Sentences, Games Completing Sentences, and Story Chains. The use of language game media in developing literacy has an impact on students, which is more active, confident, enthusiastic, and motivated.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barton, David. (1994). Literacy, an Introduction to Ecology of Written Language. Oxford: Blackwell.

Christie, J. F. & Roskos, K.A. (2009). Play’s potential in early literacy development.Encyclopedia on early childhood development [online]. Centre of exellence forearly childhood development. http://www.childencyclopedia.com. 8 April 2015.

Nasution, S. (2013). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Neuman, S. B. & Copple, C. 2004.Learning to read and write: Developmentally Appropriate Practices for young children. National Association for the Educationof Young Children. http://www.pbs.org. 8 April 2015.

Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM Press.

Resmini, Novi. Orasi dan Literasi dalam Pengajaran Bahasa. file.upi.edu. diakses 6 April 2015.

Sugiarsih, Septia. (2010). Permainan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. http://staff.uny.ac.id. diakses 6 April 2015.

Rosyidi, Abdul Wahab. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.

Downloads

Published

2018-01-25

How to Cite

Anafiah, S. (2018). Permainan Bahasa sebagai Media Literasi Siswa Kelas Rendah SD Kota Yogyakarta. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 29–39. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2190

Issue

Section

Articles
Loading...