Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2349Keywords:
Talking Stick, Hasil Belajar, IPAAbstract
Banyak siswa yang merasa takut dan malu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik pada mata pelajaran IPA dan siswa juga jarang atau hampir tidak pernah berusaha untuk mengungkapkan pendapat mereka. Hal ini terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan biasanya adalah metode ceramah dan terkadang hal tersebut kurang sesuai dengan materi yang diajarkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperative learning type talking stick terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. Rancangan penelitian ini jenis eksperimen dengan type one group pretest – posttest design. populasi adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar Taman Sidoarjo. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik sampling jenuh sebanyak 30 responden. data dikumpulkan dengan instrument kuesioner dan dianalisa dengan uji one sampel t test. Hasil uji one sampel T test menunjukkan bahwa nilai à= 0,00 dari hasil pre dan post test berarti nilai à< α, dengan α = 0,05 maka hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal IPA sebelum dan setelah dilakukan metode talking stick. Berdasarkan nilai rata-rata kelompok menunjukkan data nilai rata-rata pada saat pre test sebesar 56,8, dan nilai rata-rata kelompok post test sebesar 71. Model pembelajaran cooperative dikembangkan untuk mencapai hasil belajar berupa prestasi akademik, toleransi, menerima keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial. Lebih lanjut tujuan pokok pembelajaran kooperatif adalah untuk dapat memaksimalkan belajar siswa agar peningkatan prestasi akademik dan pemahaman tercapai dengan, baik secara individu maupun secara kelompok. Many students are afraid and embarrassed to answer questions provided by educators on science subjects and students also rarely or hardly ever attempt to express their opinions. This happens because the learning method used is usually a lecture method and sometimes it is less in accordance with the material being taught. The purpose of research to determine the influence of cooperative learning method type talking stick to the results of science learning in grade IV students. The design of this study type experiment with type one group pretest - posttest design. the population is all students of class IV of 30 students consisting of 15 male students and 15 female students. This research was conducted at Taman Sidoarjo elementary school. The sample in this research is taken with saturated sampling technique as many as 30 respondents. data were collected by questionnaire instrument and analyzed by one sample t test. The test result of one sample T test shows that the value of à= 0.00 of the pre and post test mean value à<α, with α = 0,05 then this indicates there is difference of result of student learning in doing science problem before and after done method talking stick. Based on the average value of the group shows the average value data at the time of pre test of 56.8, and the average value of the post test group of 71. Cooperative learning model developed to achieve learning outcomes in the form of academic achievement, tolerance, accepting diversity, and the development of social skills. Furthermore, the main objective of cooperative learning is to maximize student learning in order to improve academic achievement and understanding achieved with, either individually or in groups.Downloads
Download data is not yet available.
References
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia. Kurniasih dan Sani. 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Pradnyani, dkk. 2013. Pengaruh Model Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kebiasaan di SDâ€Â. Jurnal Pendas, Vol 3. 2013.
Setyani, Novia Ika. 2013. Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas. Jurnal Komunikasi Universitas Sebelas Maret, Vol 2. 2013.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Siregar, Suriani. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Visual Siswa Pada Konsep Sistem Indra. Jurnal Biotik, Vol. 3, No. 2 2015.
Tiara, Dira. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Afektif Receiving Dan Responding Siswa. Jurnal Unila, Vol 2. 2014.
Pradnyani, dkk. 2013. Pengaruh Model Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kebiasaan di SDâ€Â. Jurnal Pendas, Vol 3. 2013.
Setyani, Novia Ika. 2013. Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas. Jurnal Komunikasi Universitas Sebelas Maret, Vol 2. 2013.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Siregar, Suriani. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Visual Siswa Pada Konsep Sistem Indra. Jurnal Biotik, Vol. 3, No. 2 2015.
Tiara, Dira. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Afektif Receiving Dan Responding Siswa. Jurnal Unila, Vol 2. 2014.
Downloads
Published
2018-04-25
How to Cite
Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2349
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Bidang Pendidikan Dasar