PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SDN NGUNUT

PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SDN NGUNUT

Authors

  • Vivi Rulviana Rulviana Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1902

Keywords:

media karikatur, pembelajaran, menulis karangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis karangan siswa kelas V SDN Ngunut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SDN Ngunut dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi atau arsip, wawancara serta observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru dengan mempersiapkan program tahunan, program semester, rincian minggu efektif, jurnal mengajar, pengembangan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, media pembelajaran, pengembangan sistem penilaian. 2) Pelaksanaan pembelajaran menulis karangan di SDN Ngunut memanfaatkan media pembelajaran berupa karikatur. Motivasi, minat dan daya imajinasi siswa dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan media karikatur tersebut dalam pembelajaran menulis karangan, sehingga kreativitas siswa dalam membuat atau menulis karangan juga meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-10

How to Cite

Rulviana, V. R. (2017). PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SDN NGUNUT. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 50–57. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1902

Issue

Section

Articles
Loading...