Meningkatkan Aktifitas Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN NO. 101/II Muara Bungo Kec. Pasar Muara Bungo Kab. Bungo

Meningkatkan Aktifitas Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN NO. 101/II Muara Bungo Kec. Pasar Muara Bungo Kab. Bungo

Authors

  • Yusmaherni Yusmaherni Sekolah Dasar Negeri 101/II Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2347

Keywords:

Meningkatkan Aktifitas Belajar Matematika, Materi Pecahan, Model Kooperatif, Tipe Jigsaw

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran pecahan dengan menggunakan model Jigsaw di Kelas IV di SDN No. 101/II Muara Bungo Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No. 101/II Muara Bungo Kecamatan Pasar Muara Bungo. Prosedur penelitian tindakan dilakukan dengan memberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, yang terdiri dari beberapa langkah dengan perencanaan sebagai berikut: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi/ Evaluasi, Analisis dan Refleksi. Setelah melakukan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pola tiga siklus, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif type Jigsaw dalam penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pecahan yang efektif diterapkan. Hal ini terlihat dari rata-rata persentase keaktifan belajar siswa seluruh indikator yang semakin meningkat dari keaktifan belajar siswa siklus I rata-rata persentase skor aktivitas untuk seluruh siswa mencapai 64,81%, siklus II meningkat menjadi 73,70%, dan siklus III meningkat menjadi 83,70%. Hasil belajar siswa meningkat siklus I terdapat 12 orang siswa yang tuntas belajar (37,50%), siklus II terjadi peningkatan siswa yang tuntas belajar yaitu 23 orang (71,78%), dan siklus III ketuntasan belajar meningkat secara signifikan yaitu 29 orang (90,62%) tuntas belajar. The purpose of this research is to improve students' activity and learning outcomes in fractional learning by using Jigsaw model in Class IV di SDN No. 101/II Muara Bungo Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo. Subjects in this study were class students IV SDN No. 101/II Muara Bungo Kecamatan Pasar Muara Bungo. The action research procedure is done by providing learning with Jigsaw type cooperative learning model, which consists of several steps with the planning as follows: Planning, Implementation, Observation / Evaluation, Analysis and Reflection. After conducting classroom action research using three cycle pattern, this research can be concluded that the use of cooperative learning model type Jigsaw in this research can improve students' activity and learning achievement on fractional material that is effectively applied. This is seen from the average percentage of students' learning activeness of all the increasing indicators of student learning activity cycle I average percentage of activity score for all students reached 64.81%, cycle II increased to 73.70%, and cycle III increased to 83.70%. The result of student learning increased cycle I there are 12 students who complete the study (37,50%), cycle II happened improvement of complete student study that is 23 people (71,78%), and cycle III mastery learning increased significantly that is 29 person 90,62%) complete study.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, 1997, Model-model Pembelajaran Inovaif, (Online). Diakes 5 April 2012.
Dimyati dan Mujiyono, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Elliot, 1978. Educational Psychology Effective Teaching, Effective Learning. Singapura: Mc Graw Hill Book.
Ekawarna, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. FKIP UNJA.
Faturohman dan Sutikno. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Gagne dan Briggs, 1979. Model Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Knirk dan Gustafon, 1986. Instructional Technology. A Systematic Approach to Education. New York: Rinehart and Winston.
Lie. A 1994. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Makmun, 2003. Prinsip Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Paul D Dierich, 2001. Aktif Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
SlaVn, dalam Lies Aryati, 2012. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Model TAI.
Sumiati dan Asrori, 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Winkel, dalam Lies Aryati, 2012. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Model TAI.
Yamin dan Ansari, 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa

Downloads

Published

2018-04-25

How to Cite

Yusmaherni, Y. (2018). Meningkatkan Aktifitas Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN NO. 101/II Muara Bungo Kec. Pasar Muara Bungo Kab. Bungo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 23–34. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2347

Issue

Section

Articles
Loading...