Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD

Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD

Authors

  • Oktaviastuti Awalia Fajrin Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Keywords:

pembelajaran IPS, Talking Stick, dan hasil belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar. Model Talking Stick dapat melatih peserta didik untuk berpikir kritis, mengajarkan peserta didik untuk memahami materi pelajaran dengan cepat, melatih siswa agar giat belajar, melatih siswa untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat. Selain itu dengan menggunakan model Talking Stick pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, sehingga hasil belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran IPS menjadi optimal atau meningkat. Penelitian ini menggunakan metode studi dokumen atas hasil penelitian sebelumnya atau disebut dengan metaanalisis. Penelususran data dilakukan melalui Google Cendekia dan diperoleh 10 jurnal terpublikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada siswa Sekolah Dasar. Hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Talking Stick mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jika dengan model Talking Stick masih kurang meningkatkan hasil belajar peserta didik, maka solusi yang lain adalah guru dapat menyesuaikan model pembelajaran yang ada dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. This study aims to determine the increase in learning outcomes of primary school students. The Talking Stick model can train learners to think critically, teach students to understand the subject matter quickly, train students to study hard, train students to ask questions and express opinions. In addition, by using the Talking Stick model of learning becomes more fun, so the learning outcomes of learners, especially on IPS subjects to be optimal or increased. Is the Talking Stick model effective for improving learners' learning outcomes on social studies subjects? This research used document study method of previous research result or called metaanalysis. Data search is done through Google Scholar and obtained 10 published journals. The results showed that by using Talking Stick learning model is effective to improve learning outcomes of students especially in elementary school students. The learning outcomes in IPS subjects using the Talking Stick model have improved when compared with conventional learning models. If the Talking Stick model is still less improve the learners' learning outcomes, then the other solution is the teacher can adjust the existing learning model to the conditions and needs of learners.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amoy, B. N. D. (2014). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(12).
Anggarini, I. M. D., Sujana, I. W., & Suryaabadi, I. G. (2013). Pengaruh Model Pebelajaran Kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 5 Dalung. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Damayanti, N. K. I., Sanjaya, D. B., & Suastika, I. N. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan HasilBelajar Siswa Kelas VIII B8 SMP Negeri 6 Singaraja dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2).
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kata Pena.
Lestari, N. K. T., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS. International Journal of Elementary Education, 1(4), 290-297.
Likus, L., Marli, S., & Utami, S. Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3).
Mailani, N. L. A. (2013). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa VII-5 SMP Lab Undiksha Singaraja Melalui Model Talking Stick. Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(1).
Norliza, N., & Noviana, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 49 Tameran Kecamatan Bengkalis. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1-13.
Pradnyani, N. L. K. D., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 SDN 2 Sesetan Denpasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Puspitawangi, K. R., Wibawa, I. M. C., & Pudjawan, K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Santiasih, N. L. A., Ganing, N. N., & Sujana, I. W. (2016). Penerapan Talking Stick Dalam Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS dan Motivasi Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Sari, S., & Wijayanti, A. (2017). Talking Stick: Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Kerjasama Siswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2).
Seran, E. Y. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (Studi Eksperimen Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 01 Kenukut Tahun Pelajaran 2013/2014). VOX EDUKASI, 4(1), 21-36.
Shoimin, Aris.2014.68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta:AR-Ruzz Media Susanto,
Siregar, S. F. S. F., Kurniaman, o. K. O., & noviana, e. N. E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Kelas V SD Negeri 163 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-14.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Pers Media Buana Pustaka.
WardanI, V. Y. Perbedaan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru.

Downloads

Published

2018-04-25

How to Cite

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 85–91. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Issue

Section

Articles
Loading...