DIMENSI SERVICE QUALITY DAN KEPUASAN WAJIB PAJAK PBB DI KABUPATEN MALANG

Main Article Content

Harinoto Harinoto

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis dimensi Service Quality dan kepuasan wajib pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kabupaten Malang. Jenis penelitian  menjelaskan (explanatory) hubungan kausal dan pengujian hipotesis beberapa variable independen terhadap variable dependen. Hasil analisis penelitian, dimensi  service quality secara sendiri sendiri yang terdiri dari bukti langsung, keandalan, daya tanggap dan jaminan memberi pengaruh secara berarti terhadap kepuasan wajib pajak PBB. Sementara variable  emphaty, tidak memiliki pengaruh yang nyata bagi kepuasan wajib pajak PBB. Secara bersama-sama  dimensi  service quality  memberi pengaruh secara nyata terhadap kepuasan wajib pajak PBB, yang mana nilai Fhitung = 15.862 diikuti nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan  nilai Adjusted R Square 45.20%, sisanya 54.8% kepuasan wajib pajak PBB dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan wajib pajak PBB adalah variabel keandalan dengan meletakkan nilai-nilai pelayanan dengan kemampuan untuk memberikan apa yang telah dijanjikan dengan akurat sesuai standar prosedur operasi, Untuk bahan evaluasi dan instruspeksi, perlu memperhatikan wajib pajak, sehingga terjaga bahkan dapat ditingkatkan. Sedangkan empati yang mengetengahkan kepedulian, keeratan hubungan social dan dukungan terhadap inovasi, saran/ masukan wajib pajak belum memberi kontribusi terhadap kepuasan wajib pajak PBB. Kandisi ini menunjukkan perlu terus diupayakan secara berkelanjutan  meningkatkan empati kepada wajib pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harinoto, H. (2015). DIMENSI SERVICE QUALITY DAN KEPUASAN WAJIB PAJAK PBB DI KABUPATEN MALANG. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 11(3), 167–176. https://doi.org/10.21067/jem.v11i3.1093
Section
Articles

References

Hartono, & Gregorius Chandra. (2005). Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Parasuraman, A., Valarie, A. Z., & Leonard L, B. (1988). SERVQUAL- A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–37.

Priambodo, E. B. (2009). Analisis Dimensi Service Quality Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (service quality) yang Dipertimbangkan dan Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak (Peningkatan Pendapatan) Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah di Kabupaten Ponorogo. Thesis Tidak Dipublikasikan. Program Pasca Sarjana. Universitas Brawijaya Malang.

Pujiastuti. (2009). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Dimensi Service Quality Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (Service Quality) Dari Kepuasan Wajib Pajak (Peningkatan Pendapatan). Thesis Tidak Dipublikasikan. Program Pasca Sarjana. Universitas Brawijaya Malang.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2005). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Siu, N. Y. M., & Cheung, J. T.-H. (2001). A Measure of Retail Service Quality. Marketing Intelligence & Planning, 19(2), 88–96. http://doi.org/10.1108/02634500110385327

Tjiptono, F. (2005). Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tribus, E. K., & Klassen, K. (2000). Improving Service Quality: A Study of Parking Satisfaction at a University Campus. In 12th Annual CSU-POM Faculty Development Conference. Sacramento, California.

Zeithalm, V., & Bitner, M. J. (2002). Service Marketing (3rd ed.). McGraw-Hill Education.