DIMENSI SERVICE QUALITY DAN KEPUASAN WAJIB PAJAK PBB DI KABUPATEN MALANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis dimensi Service Quality dan kepuasan wajib pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kabupaten Malang. Jenis penelitian menjelaskan (explanatory) hubungan kausal dan pengujian hipotesis beberapa variable independen terhadap variable dependen. Hasil analisis penelitian, dimensi service quality secara sendiri sendiri yang terdiri dari bukti langsung, keandalan, daya tanggap dan jaminan memberi pengaruh secara berarti terhadap kepuasan wajib pajak PBB. Sementara variable  emphaty, tidak memiliki pengaruh yang nyata bagi kepuasan wajib pajak PBB. Secara bersama-sama dimensi service quality  memberi pengaruh secara nyata terhadap kepuasan wajib pajak PBB, yang mana nilai Fhitung = 15.862 diikuti nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted R Square 45.20%, sisanya 54.8% kepuasan wajib pajak PBB dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan wajib pajak PBB adalah variabel keandalan dengan meletakkan nilai-nilai pelayanan dengan kemampuan untuk memberikan apa yang telah dijanjikan dengan akurat sesuai standar prosedur operasi, Untuk bahan evaluasi dan instruspeksi, perlu memperhatikan wajib pajak, sehingga terjaga bahkan dapat ditingkatkan. Sedangkan empati yang mengetengahkan kepedulian, keeratan hubungan social dan dukungan terhadap inovasi, saran/ masukan wajib pajak belum memberi kontribusi terhadap kepuasan wajib pajak PBB. Kandisi ini menunjukkan perlu terus diupayakan secara berkelanjutan meningkatkan empati kepada wajib pajak.
Downloads
Article Details
Authors who submit a manuscript understand that if the manuscript is accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ekonomi Modernisasi (JEM).
References
Parasuraman, A., Valarie, A. Z., & Leonard L, B. (1988). SERVQUAL- A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–37.
Priambodo, E. B. (2009). Analisis Dimensi Service Quality Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (service quality) yang Dipertimbangkan dan Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak (Peningkatan Pendapatan) Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah di Kabupaten Ponorogo. Thesis Tidak Dipublikasikan. Program Pasca Sarjana. Universitas Brawijaya Malang.
Pujiastuti. (2009). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Dimensi Service Quality Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (Service Quality) Dari Kepuasan Wajib Pajak (Peningkatan Pendapatan). Thesis Tidak Dipublikasikan. Program Pasca Sarjana. Universitas Brawijaya Malang.
Singarimbun, M., & Effendi, S. (2005). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Siu, N. Y. M., & Cheung, J. T.-H. (2001). A Measure of Retail Service Quality. Marketing Intelligence & Planning, 19(2), 88–96. http://doi.org/10.1108/02634500110385327
Tjiptono, F. (2005). Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tribus, E. K., & Klassen, K. (2000). Improving Service Quality: A Study of Parking Satisfaction at a University Campus. In 12th Annual CSU-POM Faculty Development Conference. Sacramento, California.
Zeithalm, V., & Bitner, M. J. (2002). Service Marketing (3rd ed.). McGraw-Hill Education.