PEMAHAMAN FENOMENOLOGI ATAS ETIKA PRAKTIK MANAJEMEN LABA OLEH MAHASISWA AKUNTANSI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pola asuh orangtua membentuk pemahaman atau persepsi mahasiswa akuntansi atas etika praktik manajemen laba. Dan untuk mengetahui bahwa lingkungan budaya membentuk pemahaman atau persepsi mahasiswa akuntansi atas etika praktik manajemen laba. Pola asuh orangtua sangat mempengaruhi pembentukan kepribadian seseorang. Pola asuh orangtua yang demokratis mampu membentuk kepribadian anak yang mempunyai sifat; inisiatif, kreatif, dan berani mengambil keputusan. Pola asuh orangtua yang otoriter mampu membentuk kepribadian anak yang mempunyai sifat; kurang taat, kurang aktif, kurang inisiatif, tidak dapat merencanakan sesuatu, penakut. Pola asuh orangtua yang over protection mampu membentuk kepribadian anak yang mempunyai sifat sangat bergantung kepada orang tua dalam tingkah lakunya. Lingkungan budaya mampu membentuk karakter seseorang. Sifat dan watak manusia dibagi menjadi empat macam. Pertama, Kolerik (ingin tampil ke depan, bersifat keras layaknya komandan tempur). Kedua, sanguin (periang, hampir tak pernah kelihatan susah namun pelupa dan selalu ingin mendapat perhatian orang lain). Ketiga, melankolik (serius, sistematis dan selalu memikirkan sebuah tindakan masak-masak sebelum melakukannya). Keempat, plegmatis (pasrah, tidak suka bertengkar dan nurut saja mana yang paling mudah). Pembentukan kepribadian yang kuat dan baik pada seseorang dapat menghambat perilaku penyimpangan dalam bekerja. Salah satu contohnya manajer tidak melakukan praktik manajemen laba
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Susilawati, R. A. E. (2011). PEMAHAMAN FENOMENOLOGI ATAS ETIKA PRAKTIK MANAJEMEN LABA OLEH MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 7(3), 208–228. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/191
Section
Articles
Authors who submit a manuscript understand that if the manuscript is accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ekonomi Modernisasi (JEM).