PENGARUH DIMENSI PELAYANAN DAN DIMENSI FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

Main Article Content

Christea Frisdiantara
Andi Nu Graha

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui pengaruh dimensi pelayanan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa di Universitas Kanjuruhan Malang, (2) mengetahui pengaruh dimensi fasilitas terhadap tingkat kepuasan mahasiswa di Universitas Kanjuruhan Malang, (3) mengetahui pengaruh dimensi pelayanan dan dimensi fasilitas terhadap tingkat kepuasan mahasiswa di Universitas Kanjuruhan Malang. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research), untuk menguji hipotesis antar variabel dan berpusat pada penjelasan hubungan -hubungan antar variabel; hubungan tersebut adalah interdependency, yaitu bertujuan mendeteksi ketergantungan antar satu variabel dengan variabel lainnya. Peneliti mengambil sampel sebesar 360 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Variabel dalam penelitian ini ada 3 (tiga) yaitu demensi pelayanan, dimensi fasilitas, dan kepuasan mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan analisis regresi berganda. Temuan penelitian ini adalah variabel dimensi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, variabel dimensi fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, dan variabel kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Frisdiantara, C., & Graha, A. N. (2013). PENGARUH DIMENSI PELAYANAN DAN DIMENSI FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 9(2), 106–119. https://doi.org/10.21067/jem.v9i2.201
Section
Articles