ANALISIS PERBANDINGAN HARGA SAHAM ANTARA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN PERUSAHAAN KEUANGAN MELALUI PER (PRICE EARNING RATIO) DAN EPS (EARNING PER SHARE)

Main Article Content

Kartikasari Kartikasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan harga saham antara perusahaan manufaktur dengan perusahaan keuangan melalui PER dan EPS. Populasi penelitian yaitu perusahaan manufaktur dan perusahaan keuangan yang listing di BEI selama periode 2007-2009. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah 11 sampel perusahaan manufaktur dan 12 sampel perusahaan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan PER danEPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur maupun perusahaan keuangan. Secara parsial PER dan EPS berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur. Sedangkan secara parsial PER berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham dan EPS berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham pada perusahaan keuangan. Pada perusahaan manufaktur, PER lebih dominan berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan pada perusahaan keuangan, EPS lebih dominan berpengaruh terhadap harga saham. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan variabel penelitian yang lain diantaranya BV (Book Value), PBV (Price to Book Value) dan menggunakan perusahaan produktif lainnya. Supaya diketahui pengaruhnya terhadap harga saham dan diperoleh return maksimal dari investasi perusahaan tersebut.

Article Details

How to Cite
Kartikasari, K. (2012). ANALISIS PERBANDINGAN HARGA SAHAM ANTARA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN PERUSAHAAN KEUANGAN MELALUI PER (PRICE EARNING RATIO) DAN EPS (EARNING PER SHARE). Jurnal Ekonomi Modernisasi, 8(2), 118-144. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/210
Section
Articles