FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN MUZAKKI DALAM MENYALURKAN ZAKAT MELALUI YAYASAN AMAL SOSIAL ASH SHOHWAH MALANG

Main Article Content

Madziatul Churiyah, Windi Wiradani

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi faktor-faktor dan mengetahui faktor yang dominan dipertimbangkan muzakki dalam menyalurkan zakat. Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilakukan pada muzakki Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah Malang tahun 2011 yang terdiri dari 100 orang. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis statistik deskriptif dan analisis faktor eksploratori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memutuskan untuk menyalurkan zakat dengan mempertimbangkan ketiga puluh indikator dalam penelitian ini. Terbentuk 8 faktor yang menjadi pertimbangan muzakki yaitu faktor pelayanan, tempat, orang, distribusi, proses, motivasi, daya tanggap, dan atmosfer. Faktor orang merupakan faktor yang dominan dipertimbangkan muzakki dalam menyalurkan zakat. Diharapkan manajemen Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah Malang dapat meningkatkan kehandalan pegawai, menjaga pelayanan yang baik kepada muzakki, memaksimalkan ragam program dan mempromosikannya lebih gencar serta berupaya untuk mengembangkan lembaga agar wilayah jangkauan penghimpunan dan penyaluran zakat menjadi semakin luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Windi Wiradani, M. C. (2012). FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN MUZAKKI DALAM MENYALURKAN ZAKAT MELALUI YAYASAN AMAL SOSIAL ASH SHOHWAH MALANG. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 8(3), 233–246. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/788
Section
Articles