PENGARUH IMBALAN EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI KERJA (STUDI KASUS PADA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN ASURANSI JIWA BUMI ASIH JAYA CABANG MALANG)

Main Article Content

Fullchis Nurjahjani

Abstract

Imbalan finansial, imbalan interpersonal, dan promosi akan memberi keuntungan bagi individu dan organisasi.  Dengan memberi imbalan ekstrinsik, perusahaan akan dapat meningkatkan kinerja dan produktifitas karyawan, serta menurunkan labor turn over.  Bagi karyawan sendiri, imbalan ekstrinsik dapat mendorong kesiapan diri mereka untuk meningkatkan prestasi kerja. Hipotesis penelitian diajukan dalam penelitian ini adalah : (1) Diduga bahwa imbalan finansial, imbalan interpersonal, dan promosi secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi kerja; (2) Diduga bahwa imbalan finansial mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi kerja. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.  Jumlah sampel yang diambil sejumlah 47 responden dengan tingkat kesalahan 10% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan terbukti ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel  Imbalan finansial (X1), imbalan interpersonal (X2), dan promosi (X3) dengan prestasi kerja, besarnya pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap prestasi kerja sebesar 69,4%. Imbalan finansial merupakan variabel yang dominan mempengaruhi prestasi, tingkat keeratan hubungan keduanya sebesar 48,19%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurjahjani, F. (2007). PENGARUH IMBALAN EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI KERJA (STUDI KASUS PADA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN ASURANSI JIWA BUMI ASIH JAYA CABANG MALANG). Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(1), 28–42. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/926
Section
Articles