STUDI TEORITIS ISO 9000 DAN TQM: SUBSTITUSI ATAU KOMPLEMETER?

Main Article Content

Harianto Respati

Abstract

Banyak pertentangan pendapat tentang dampak ISO 9000 dan TQM dalam kaitannya dengan tujuannya yakni kepuasan pelanggan. Selain itu peran ISO 9000 dan TQM dipandang masih membingungkan. Penjelasan pada jurnal ini, diuraikan secara konseptual baik dari pernyataan para pakar maupun hasil-hasil penelitian terdahulu tentang peran ISO 9000 dan TQM. Hasil menujukkan bahwa secara umum ISO 9000 dan TQM mempunyai tujuan yang sama yakni kepuasan pelanggan. Peran implementasi sertifikasi ISO 9000 dan praktek TQM adalah komplementer artinya ISO 9000 dan TQM merupakan sistem yang terpadu serta bekerja sama untuk mencapai sasaran yakni kepuasan pelanggan. Kajian teoritis tentang peran ISO 9000 dan TQM bertujuan untuk mempertegas keberadaan ISO 9000 dan TQM untuk kepentingan para peneliti, akademik maupun para praktisi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Respati, H. (2007). STUDI TEORITIS ISO 9000 DAN TQM: SUBSTITUSI ATAU KOMPLEMETER?. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(3), 203–217. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/947
Section
Articles