SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI USAHA WARALABA TERBAIK MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE
Abstract
ABSTRAK
Untuk memperluas area usahanya selama ini, Teh Racek yang merupakan salah satu
inovator waralaba di Malang berkhas minuman teh seduhan masih mengandalkan intuisi yang
kurang mempertimbangkan kriteria- kriteria pendukung serta tidak menggunakan perhitungan
sistematis dalam penentuan lokasi usaha waralaba yang strategis.
Maka dari itu, dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan penentuan lokasi usaha
waralaba menggunakan metode Promethee yang diharapkan dapat memberikan referensi
lokasi baru serta dapat membandingkan lokasi usaha lain dengan mempertimbangkan
beberapa variabel atau kriteria yang berpengaruh. Tidak hanya itu saja diharapkan dengan
adanya sistem ini akan menghasilkan sistem rekomendasi penetuan lokasi yang lebih baik
dalam segi penjualan produk dan dapat meningkatkan hasil laba penjualan.
Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Waralaba, Metode Promethee.
ABSTRACT
For expanding its business area, CV. TEARAI as the one of innovators brewer tea
franchise in Malang, still depends on the intuition without considering many criteria and
systematic calculation for determining the strategic franchise location.
Therefore, decision support system for determining location of franchise using
Promethee is made, to help users to give reference for new locations and compare other
business locations considering some criteria and variables. This system also help the users to
choose the best place in term of market rate, sold product, etc. In order to get more profit
with choosing the right target.
Keywords: Decision Support System, Franchise, Promethee method.