Aplikasi Pembelajaran Mengenal Tumbuhan, Buah – Buahan, dan Binatang Berbasis Multimedia Interaktif (untuk anak usia 2 – 4 tahun)

HEMARICA DESTIANA HEMARICA DESTIANA

Abstract

Abstrak

Usia dini adalah masa keemasan sekaligus masa kritis dalam tahap kehidupannya dan meletakan dasar

kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral, dan nilai agama. Upaya pengembangan

potensi anak usia dini harus dimulai agar pertumbuhan dan potensi anak usia dini lebih optimal.

Ada banyak media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar dan mengajar, salah satunya

adalah pembelajaran dengan multimedia dan di sini penulis membuat metode pembelajaran yang tidak hanya

berfungsi untuk memberikan pengajaran kepada anak tetapi ada proses komunikasi didalamnya sebagai

bentuk interaksi antara anak dan pengajarnya seperti orang tua dan guru mereka.

Aplikasi ini berbasis multimedia, sebagai alat yang dapat membantu proses belajar mengajar, dan untuk

proyek akhir ini penulis menggunakan flash CS4 dan action script 2.0 yang memiliki tampilan cukup

menarik yang akan dipergunakan untuk anak usia dini (2  –  4 tahun) dalam mengenal suatu objek gambar

yang dilengkapi dengan suara.

Dari semua uraian di atas akan dihasilkan aplikasi yang bisa membantu proses belajar mengajar untuk anak

usia dini dalam mengenal suatu objek tumbuhan, buah, dan binatang.

Kata Kunci : usiadini, flash CS4 action script 2.0., media pembelajaran

Abstract

Childhood is golden age as well as critical period in the stage of life and to put physical ability, language,

social, emotional, self concept, art, moral and religious values. The development of learning method used to

optimize the growth of potential ability of children.

There are a lot of learning method are use in teaching and learning activity, one of them is learning with

multimedia, so the author makes learning method, the function not only to give a teach for children but there

are communication as a form of interaction between children and teacher, such as parents dan their teachers.

The application based on multimedia as a tool that can help the learning process and for this final project, the

author used flash CS4 action script 2.0 which has a quite interesting, it will be used for childhood (2  –  4

years) in introducing an object with audio.

The conclusions, this application can contribute learning to process for childhood that can introducing an

object about plants, fruits, and animal.

Keywords: childhood, flash CS 4 action script 2.0., learning methode

Authors

HEMARICA DESTIANA HEMARICA DESTIANA
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
HEMARICA DESTIANA, H. D. (2014). Aplikasi Pembelajaran Mengenal Tumbuhan, Buah – Buahan, dan Binatang Berbasis Multimedia Interaktif (untuk anak usia 2 – 4 tahun). BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/126
Copyright and license info is not available

Article Details