APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN TEBU MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Fran Wijaya Fran Wijaya

Abstract

ABSTRAK

 

Wijaya, Fran. 2013. Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa penyakit Tanaman Tebu Menggunakan Metode Forward Chaining. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing : Dodit Suprianto S,Kom.

 

Kata Kunci : Program Aplikasi, Penyakit tebu, Forward Chaining,

 

            Salah satu ystem menurunnya hasil produksi tebu adalah penyakit tebu, seperti penyakit tanaman Pokahbung, Busuk Merah (Glomerella tucumanensis), Penyakit Nenas (Ceratocystis paradoxa), Penyakit Dongkelan (Marasmius sacchari). Hal yang sering terjadi adalah banyaknya kerugian yang diakibatkan adanya penyakit tanaman yang terlambat untuk didiagnosis dan menyebabkan terjadinya gagal panen. Dengan menggunakan ystem pakar, diharapkan petani tebu dapat mengenali yste-ciri penyakit yang berguna untuk menanggulangi masalah penyakit tanaman tersebut sehingga dapat meminimalkan kesalahan petani dalam masalah pengendalian penyakit pada tanaman tebu. Program aplikasi ini meniru cara berpikir seorang ahli penyakit tebu dalam melakukan identifikasi suatu penyakit. Program aplikasi ini dibuat untuk membantu dalam mencari kesimpulan tentang penyakit yang menyerang beserta pencegahan atau solusi yang sesuai untuk mengatasinya. Program aplikasi ini menganalisa gejala-gejala dari suatu penyakit. Aplikasi ini menggunakan metode inferensi forward chaining. Program aplikasi ini menggunakan pemrograman visual basic dan untuk database-nya menggunakan Microsoft Accsess. Dengan Tugas Akhir ini dapat mengetahui hasil identifikasi terhadap penyakit tebu melalui proses konsultasi terhadap ystem secara cepat dan efisien.

 

Authors

Fran Wijaya Fran Wijaya
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
Fran Wijaya, F. W. (2014). APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN TEBU MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/134
Copyright and license info is not available

Article Details