APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus : Kelas IV SDN Sukun 2 Malang)

Khusnul Khotimah/ Yusriel Ardian

Abstract


ABSTRAK
Beberapa masalah yang dialami oleh siswa kelas IV dalam menerima pembelajaran IPA,
yaitu tidak adanya alat peraga, pembelajaran hanya melalui media buku dan menggambar
materi IPA di papan tulis yang masih terlihat abstrak.  Dengan proses pembelajaran seperti ini
membuat siswa kurang memahami materi yang disampaikan, karena guru hanya menjelaskan
materi tersebut dengan media pembelajaran berupa media buku atau ceramah. Sehingga
berdampak hasil belajar siswa menurun.  Hal ini perlu adanya media sebagai alat bantu proses
pembelajaran yaitu media yang lebih mudah dipahami oleh siswa nantinya.
Oleh karena itu diperlukan suatu media pembelajaran berupa alat bantu peraga dengan
teknologi  Augmented Reality  yang dapat membantu memvisualisasikan pembelajaran IPA yang
lebih baik secara  realtime  kepada siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa
terhadap materi tersebut.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality
ABSTRACT
Some  of the problems experienced by the fourth grade students in receiving learning
science are the lack of props, learning only by books and drawing materials science on the
board that still seems abstract. The learning process like this makes students do not  understand
the material clearly, because teachers only explain the material to study in the form of a book or
lecture media. Thereby this impacts the decreasing of student grade. It needs the media as a
tool for learning process, that more easily understood by students.
Therefore learning media as teaching tool is developed with Augmented Reality
technology that can help to visualize science teaching in realtime to the students, this it can
improve student to learn material.
Keywords: Learning Model, Augmented Reality

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.