SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEPUASAN LAYANAN MIS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUA

  • Maya Fitri Asia/ Wiji Setiyaningsih

Abstract

ABSTRAKManagement Information System  (MIS)  merupakan unit pelayanan jaringan komputer dan aplikasi di Universitas Kanjuruhan Malang. Jaringan komputer yaitu internet, jaringan lokal dan  trouble shooting  jaringan sedangkan pelayanan aplikasi  yaitu  web,  email,  ejournal, dan siakad.  Dalam sistem pendukung keputusan  kepuasan layanan MIS  menggunakan metode servqual  ada 15 kriteria  tergolong  5 dimensi yaitu  tangible, emphty, responsiviness, reliability, assurance. Penilaian didapat dari nilai persepsi pengguna dikurangi nilai ekspektasi Kepala MIS dimana  hasilnya  dijadikan bahan laporan.  Berdasarkan pengujian menghasilkan kesimpulan bahwa  semua kriteria pelayanan MIS memerlukan perbaikan dengan  nilai  -0,3  atau  di bawah 0 (belum baik),  sehingga  oleh kepala MIS dapat dijadikan tolak ukur dalam perbaikan pelayanan MIS kedepanya.Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Metode Servqual, Kuesioner.ABSTRACTManagement Information System (MIS) is service unit of computer network services and applications in Kanjuruhan  University of Malang. Computer networks services include services of internet, local network and internet network trouble shooting while applications services is services of web, email, Ejournal, and SIAKAD. In decision support system using servqual method, there are 15 criteria classified in 5 dimensions e.g. tangible, empathy, responsiviness, reliability, assurance.  Assesment are computed from value of user perception substrated by expectation value of MIS leader where its result can be used as report material. Based on the test, it can concluded that all MIS services criteria require improvements that value is  -0.3 or below 0 (not good). MIS leader can use it for benchmark of MIS service improvements.Keywords: Decision Support Systems, Servqual Method, Questionnaire.
Published
2017-01-11
How to Cite
Wiji Setiyaningsih, M. F. A. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEPUASAN LAYANAN MIS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUA. Jurnal Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi, 1(5). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/1487