SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEPUASAN LAYANAN MIS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUA

Authors

  • Maya Fitri Asia/ Wiji Setiyaningsih

Abstract

ABSTRAK
Management Information System  (MIS)  merupakan unit pelayanan jaringan komputer
dan aplikasi di Universitas Kanjuruhan Malang. Jaringan komputer yaitu internet, jaringan lokal
dan  trouble shooting  jaringan sedangkan pelayanan aplikasi  yaitu  web,  email,  ejournal, dan
siakad.  Dalam sistem pendukung keputusan  kepuasan layanan MIS  menggunakan metode
servqual  ada 15 kriteria  tergolong  5 dimensi yaitu  tangible, emphty, responsiviness, reliability,
assurance. Penilaian didapat dari nilai persepsi pengguna dikurangi nilai ekspektasi Kepala MIS
dimana  hasilnya  dijadikan bahan laporan.  Berdasarkan pengujian menghasilkan kesimpulan
bahwa  semua kriteria pelayanan MIS memerlukan perbaikan dengan  nilai  -0,3  atau  di bawah 0
(belum baik),  sehingga  oleh kepala MIS dapat dijadikan tolak ukur dalam perbaikan pelayanan
MIS kedepanya.
Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Metode Servqual, Kuesioner.
ABSTRACT
Management Information System (MIS) is service unit of computer network services
and applications in Kanjuruhan  University of Malang. Computer networks services include
services of internet, local network and internet network trouble shooting while applications
services is services of web, email, Ejournal, and SIAKAD. In decision support system using
servqual method, there are 15 criteria classified in 5 dimensions e.g. tangible, empathy,
responsiviness, reliability, assurance.  Assesment are computed from value of user perception
substrated by expectation value of MIS leader where its result can be used as report material.
Based on the test, it can concluded that all MIS services criteria require improvements that
value is  -0.3 or below 0 (not good). MIS leader can use it for benchmark of MIS service
improvements.
Keywords: Decision Support Systems, Servqual Method, Questionnaire.

Downloads

Published

2017-01-11

How to Cite

Wiji Setiyaningsih, M. F. A. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEPUASAN LAYANAN MIS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUA. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 5(1). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/1487

Issue

Section

Articles