PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN CANDI – CANDI DI MALANG RAYA BERBASIS MOBILE ANDROID

  • Muhammad Avief Barkah/ Rini Agustina

Abstract

ABSTRAKMalang memiliki banyak wisata sejarah berupa candi yang jarang sekali diketahui atau bahkan dikunjungi masyarakat. Hal ini sangat mengkhawatirkan mengingat tugas sebagai warga negara yang  baik terutama generasi muda penerus bangsa adalah menjaga dan melestarikan warisan budaya leluhurnya. Maka dari itu, dirancang  sebuah  aplikasi yang menerapkan  Augmented Reality  untuk mendukung  pembelajaran  interaktif pengenalan candi-candi di wilayah Malang  berbasis android, yang diharapkan dapat  membantu  memberi  motivasi    kepada  generasi muda untuk mulai turut serta menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsanyaKata kunci : Candi Malang, Augmented Reality, Media Pembelajaran Interaktif, Android.ABSTRACTMalang has a lot of historical temples which are rarely visited or even known by community. This is very anxious, because citizens especially teenagers as the country’s successors, should maintain and preserve cultural heritages of their ancestors.Therefore, Application based on Android is developed that implements AR to support interactive learning on introducing temples in Malang area. This application can motivate the young generation in maintaining and preserving their country’s cultural heritages.Key words: Malang Temples, Augmented Reality, Interactive Learning Media, Android
Published
2017-01-11
How to Cite
Rini Agustina, M. A. B. (2017). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN CANDI – CANDI DI MALANG RAYA BERBASIS MOBILE ANDROID. Jurnal Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi, 1(5). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/1490