PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN CANDI – CANDI DI MALANG RAYA BERBASIS MOBILE ANDROID
Abstract
ABSTRAKMalang memiliki banyak wisata sejarah berupa candi yang jarang sekali diketahui atau
bahkan dikunjungi masyarakat. Hal ini sangat mengkhawatirkan mengingat tugas sebagai warga
negara yang baik terutama generasi muda penerus bangsa adalah menjaga dan melestarikan
warisan budaya leluhurnya.
Maka dari itu, dirancang sebuah aplikasi yang menerapkan Augmented Reality untuk
mendukung pembelajaran interaktif pengenalan candi-candi di wilayah Malang berbasis
android, yang diharapkan dapat membantu memberi motivasi   kepada generasi muda untuk
mulai turut serta menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsanya
Kata kunci : Candi Malang, Augmented Reality, Media Pembelajaran Interaktif, Android.
ABSTRACT
Malang has a lot of historical temples which are rarely visited or even known by
community. This is very anxious, because citizens especially teenagers as the country’s
successors, should maintain and preserve cultural heritages of their ancestors.
Therefore, Application based on Android is developed that implements AR to support
interactive learning on introducing temples in Malang area. This application can motivate the
young generation in maintaining and preserving their country’s cultural heritages.
Key words: Malang Temples, Augmented Reality, Interactive Learning Media, Android
Published
2017-01-11
How to Cite
Rini Agustina, M. A. B. (2017). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN CANDI – CANDI DI MALANG RAYA BERBASIS MOBILE ANDROID. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 5(1). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/1490
Issue
Section
Articles