PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN CANDI – CANDI DI MALANG RAYA BERBASIS MOBILE ANDROID

Muhammad Avief Barkah/ Rini Agustina

Abstract

ABSTRAK
Malang memiliki banyak wisata sejarah berupa candi yang jarang sekali diketahui atau
bahkan dikunjungi masyarakat. Hal ini sangat mengkhawatirkan mengingat tugas sebagai warga
negara yang  baik terutama generasi muda penerus bangsa adalah menjaga dan melestarikan
warisan budaya leluhurnya.
Maka dari itu, dirancang  sebuah  aplikasi yang menerapkan  Augmented Reality  untuk
mendukung  pembelajaran  interaktif pengenalan candi-candi di wilayah Malang  berbasis
android, yang diharapkan dapat  membantu  memberi  motivasi    kepada  generasi muda untuk
mulai turut serta menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsanya
Kata kunci : Candi Malang, Augmented Reality, Media Pembelajaran Interaktif, Android.
ABSTRACT
Malang has a lot of historical temples which are rarely visited or even known by
community. This is very anxious, because citizens especially teenagers as the country’s
successors, should maintain and preserve cultural heritages of their ancestors.
Therefore, Application based on Android is developed that implements AR to support
interactive learning on introducing temples in Malang area. This application can motivate the
young generation in maintaining and preserving their country’s cultural heritages.
Key words: Malang Temples, Augmented Reality, Interactive Learning Media, Android

Authors

Muhammad Avief Barkah/ Rini Agustina
avief.b@unikama.ac.id (Primary Contact)
Rini Agustina, M. A. B. (2017). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN CANDI – CANDI DI MALANG RAYA BERBASIS MOBILE ANDROID. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/1490
Copyright and license info is not available

Article Details