APLIKASI E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN PADA SMPN 12 MALANG

ARIEF WIJAYA ARIEF WIJAYA

Abstract

ABSTRAKSI

Wijaya, Arief. 2013. Aplikasi E-Learning Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Pada SMPN 12 Malang. Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing : Wiji Setiyaningsih, S.Kom.,M.Kom

Kata Kunci : E-Learning Media Pendukung Pembelajaran

      Pada saat ini sistem pembelajaan di SMPN 12 masih menggunakan metode konvensional, yaitu proses belajar mengajar masih dilakukan dengan tatap muka antara guru dan siswa di dalam kelas. Hal ini tentunya akan mengakibatkan efisiensi waktu dikarenakan jumlah jam pelajaran terbatas sedangkan materi pelajaran sangat banyak terlebih jika harus dikurangi hari libur sekolah. Selain itu proses pembelajaran konvensional membuat siswa kurang kreatif dan berinovasi dikarenakan proses pembelajaran yang monoton. Selain itu proses penilaian sebuah ujian akan dilakukan dengan manual sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dan membutuhkan ketelitian guru dalam mengoreksi ujian. Akibat yang paling tidak baik untuk siswa adalah siswa kurang pemahaman dalam pengetahuan dan penguasaan teknologi (khususnya teknologi Informasi).

Dari masalah diatas maka dibutuhkan sebuah sistem baru dalam proses pembelajaran yang dapat memperbaiki kekurangan sistem pembelajaran konvensional diatas, yaitu dengan membuat Aplikasi E-Learning sebagai media pendukung pembelajaran.  Dengan begitu maka akan menjadikan proses belajar mengajar antara guru dan siswa menjadi lebih mudah, maksimal dan lebih baik lagi, sehingga siswa akan  menjadi lebih kreatif dan inovatif

Authors

ARIEF WIJAYA ARIEF WIJAYA
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
ARIEF WIJAYA, A. W. (2014). APLIKASI E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN PADA SMPN 12 MALANG. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/159
Copyright and license info is not available

Article Details