SISTEM PAKAR DETEKSI STATUS GIZI DAN PSIKOLOGI ANAK MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER
Abstract
Dalam bidang psikologi anak antara usia anak 5-10 tahun, penting untuk mengetahuigejala-gejala gangguan psikologi anak dalam tumbuh kembangnya dan mengurangi terjadi
gangguan yang lebih serius. Sistem pakar merupakan program komputer yang meniru proses
pemikiran dan pengetahuan pakar dalam menyelesaikan suatu masalah tertentu.
Metode Dempster Shafer merupakan metode perhitungan untuk menentukan besarnya
tingkat kepercayaan dari bukti-bukti atau informasi yang ada, berdasarkan tingkat kepercayaan
dari bukti-bukti atau informasi mengenai gangguan psikologi anak yang diduga.
Berdasarkan hasil uji coba sistem pakar mampu mengidentifikasi dan pengambilan
kesimpulan penyakit beserta nilai densitas , gejala- gejala yang dirasakan pasien dan
memberikan solusi penanganan.
Kata Kunci : Status Gizi, Gangguan psikologi anak, Sistem Pakar, Dempster Shafer
ABSTRACT
In the field of child psychology for children between the ages of 5-10 years, it is
important to know the symptoms of psychological disorders in the child's growth and reduce
more serious disturbances. Expert systems are computer programs that mimic the thought
processes and expert knowledge in solving a particular problem.
Dempster Shafer method is a method of calculation to determine the confidence level of
evidence or information, based on the confidence level of evidence or information regarding
child suspected of psychological disorders.
Based on the test results, expert system is able to identify the disease and conclude
density values, the symptoms felt by the patient and provide management solutions.
Keywords:Nutritional Status, child psychology Disorders, Expert Systems, Dempster Shafer
Method
Published
2015-01-14
How to Cite
Arman A/Wiwin K, A. A. .-S. K. (2015). SISTEM PAKAR DETEKSI STATUS GIZI DAN PSIKOLOGI ANAK MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 2(2). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/487
Issue
Section
Articles