PENERAPAN METODE TSUKAMOTO DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KARYAWAN PADA PT. PINDAD (PERSERO) BERBASIS WEB
Abstract
ABSTRAK
ÂÂ
Selama ini pada PT. Pindad (Persero) dalam menilai karyawan terbaiknya dilakukan dengan cara memilih salah satu karyawan yang direkomendasikan oleh karyawan-karyawan pada PT. Pindad (Persero) itu sendiri, cara pemilihan tersebut tentu memiliki banyak kekurangan terutama dari segi objektifitas serta belum adanya kriteria yang terukur yang digunakan untuk menentukan mana karyawan terbaik.
Pada penelitian ini digunakan metode fuzzy Tsukamoto untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Variabel yang digunakan untuk perhitungan fuzzy pada sistem ini adalah variabel semangat berprestasi, komitmen terhadap organisasi, kerjasama terhadap organisasi, kerjasama kelompok, membangun hubungan, berorientasi kepada pelayanan pelanggan, integritas, kemampuan mengarahkan, berfikir analitis, berfikir konseptual, perhatian terhadap kejelasan tugas, kualitas dan ketelitian kerja, proaktif, mengembangkan orang lain, kreatifitas, attitude, kehadiran, skill dan hasil.
Sistem yang dibangun mampu memproses penilaian kinerja dan memberikan solusi yang lebih tepat untuk menentukan pemilihan karyawan terbaik dalam penempatan pada departemen tertentu, serta lebih efektif dan efisien.
ÂÂ
Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Penilaian Karyawan, Fuzzy Tsukamoto
ÂÂ
ÂÂ
ABSTRACT
                                                                                   ÂÂ
Recently evaluating the excelent eemployee in PT. Pindad (Persero) is done by selecting one of the employees recommended by other employees. This selection method would have many drawbacks, especially in terms of objectivity and the lack of measurable criteria used to determine the best employees.
In this study, Tsukamoto fuzzy method is used to solve this problem. The variables used for fuzzy calculation on this system are achievement spirit variable, commitment to organization, cooperation in organization, teamwork, relationship building, service for customer oriented, integrity, the ability to direct, analytical thinking, conceptual thinking, attention to the clarity of the task, quality and thoroughness of work, proactive, developing for others, creativity, attitude, attendance, skill and results.
The system built is capable to processing performance assessment and providing more appropriate solution to determine the selection of the best employees in the placement to particular department, more effectively and efficiently.
ÂÂ
Keywords: Decision Support System, Employee Assessment, Tsukamoto Fuzzy
ÂÂ