SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMAAN BEASISWA PADA SDN PANDANWANGI 02 MENGGUNAKAN FUZZY C–MEANS CLUSTERING
Abstract
ABSTRAKBanyak anak yang tidak mampu putus sekolah karena tidak mempunyai biaya. Dengan
banyaknya anak yang putus sekolah maka untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka
dan demokratis tidak akan terwujud.
Agar anak yang tidak mampu tetap bisa bersekolah maka di sekolah perlu adanya beasiswa.
Untuk mendapatkan beasiswa para siswa harus memenuhi beberapa kriteria tertentu yang nantinya
dipakai menentukan apakah siswa tersebut layak mendapatkan beasiswa atau tidak. Adapun kriteria
yang ditetapkan adalah nilai rapot, penghasilan orang tua, jumlah tanggungan orang tua, tagihan
rekening air, dan tagihan rekening listrik. Untuk itu diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan
(SPK) yang dapat memperhitungkan segala kriteria yang mendukung pengambilan keputusan guna
membantu, mempercepat dan mempermudah proses pengambilan keputusan.
Kata Kunci : SPK, beasiswa, kriteria
ABSTRACT
Many poor children drop out of school because they do not have money. Because of the
number of children who dropped of school, creating intelligent life, peaceful, open and democratic
will not be realized.
That poor children be able to go to school need scholarships. To get a scholarship, the
student must meet certain criteria that will be used to determine whether the student is deserving of a
scholarship or not. The criteria sets are grade report, parent income, number of relativesfrom
parents, water bill and electricity bill. Those criterias are requied for Decision Support System (DSS)
to take into account all the criteria in order to assist, accelerate and simplify the decision making
process.
Keywords: DSS, scholarships, criteria
Downloads
Published
2015-01-26
How to Cite
A’an Purnama Sidiq/Syahminan, A. P. S. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMAAN BEASISWA PADA SDN PANDANWANGI 02 MENGGUNAKAN FUZZY C–MEANS CLUSTERING. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 2(2). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/532
Issue
Section
Articles