SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISA KEPUASAN PENGUNJUNG LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS KANJURUHAN MALAN DENGAN METODE SERVQUAL
Abstract
ABSTRAKUntuk meningkatkan pelayanan yang prima maka perlu adanya suatu sarana untuk
mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan dalam hal ini adalah pengunjung Laboratorium
Komputer. Kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh persepsi kualitas jasa pelayanan, kualitas
fasilitas dan faktor-faktor yang bersifat pribadi serta yang bersifat situasi sesaat. Faktor yang
menentukan kepuasan pengunjung adalah persepsi pengunjung mengenai kualitas jasa yang
berfokus pada lima dimensi kualitas jasa, yaitu : berwujud (tangible), keandalan (reliability),
ketanggapan (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance ), empati (empathy). Evaluasi
dalam peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengunjung Laboratorium Komputer di
Universitas Kanjuruhan Malang masih kurang optimal sehingga menjadi temuan pada saat audit
ISO. Dengan adanya sistem pengambilan keputusan mengenai penilaian kepuasan dengan metode
servqual dapat membantu mengefisienkan proses analisa tingkat kepuasan pengunjung
laboratorium terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak laboratorium.
ABSTRACT
To enhance the excellent service, it needs to evaluate the level of customer satisfaction
for this respect is the visitor of Computer Laboratory. Visitor satisfaction is influenced by the
perception of quality of service, quality of facilities and other personal factor that is the
situational. Factor to determine customer satisfaction is the visitor’s perception of the quality of
services that focuses on the five dimensions of service quality, i.e: tangible, reliability,
responsiveness, assurance and empathy. Evaluation in improving the quality of service to visitors
of the Computer Laboratory at the Kanjuruhan University of Malang is less optimal thus become
the findings of the ISO audit. With a system of decision-making regarding the assessment of
satisfaction with Servqual Method, it can help to make eficient of analyzing process of visitor
satisfaction levels for services provided by the laboratory.
Keywords: Decision Support Systems, Visitor Satisfaction, Servqual Method.
Downloads
Published
2015-01-30
How to Cite
Mohammad Sulhan, I. S. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISA KEPUASAN PENGUNJUNG LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS KANJURUHAN MALAN DENGAN METODE SERVQUAL. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 2(2). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/552
Issue
Section
Articles