GAME EDUKASI BAHASA JAWA KERAJAAN ISLAM JAWA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING
Abstract
Abstrak
Sebuah kecenderungan manusia yang lebih mudah menerima informasi yang berbentuk gambar dan
warna, dibandingkan dengan informasi yang berbentuk tulisan polos khususnya bagi anak-anak. Hal
ini terkadang menyulitkan para orang tua untuk menyuruh anak-anak mereka untuk belajar, karena
kebanyakan buku-buku pelajaran dominan berisi tulisan. Akan berbeda jika informasi itu dikemas
dengan pengemasan visual dan sound yang mendukung. Sebuah permainan/game dapat digunakan
sebagai media alternatif pembelajaran dari suatu hal pada anak-anak, atau paling tidak game bisa
memancing minat anak untuk lebih mengetahui sesuatu tema yang diangkat pada game tersebut.
Hasil penelitian yang penulis lakukan adalah menghasilkan aplikasi game yang menghibur serta
memotivasi user untuk belajar, khususnya mata pelajaran Sejarah Kerajaan Islam Jawa dan Aksara
Jawa.
Kata Kunci : Game, Kerajaan Islam, Bahasa Jawa, Forward Chaining
Abstract
The parents have difficulties to let their children to learn, since most of dominant textbooks contain
writings. It would be different if the learning is packed with visual and souund media. A game can be
used as an alternative medium of learning fr a subject to child, or at least the game could attract a
child to know more about the themes raised in the game, especially for the history of the Islamic
kingdoms of Java. Additional learning about the Javanese language in this game will be added vale
for players to introoduce learn about Javanese character. Additional about quiz features using the
Forward Chaining help to assess player to understand the material given in the game. Results of
research conducted by the authors is generating game application that entertain and motivate the
user to learn, especially subjects History Islamic kingdoms of Java and Javanese character.
Keywords : Game, Islamic Kingdoms of Java, Javanese Language, Forward Chaining