SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN BUNDLING PENJUALAN BARANG DENGAN METODE APRIORI

Authors

  • Muhamat Maariful huda/ Wiji Setyaningsih

Abstract

ABSTRAK
Semakin ketatnya persaingan dalam perdagangan, mau tidak mau harus menerapkan strategi
dagang yang kreatif. Salah satunya adalah dengan menjual dua atau tiga produk dalam satu paket
penjualan sekaligus. Dalam pengerjaan skripsi ini,penulis menggunakan metode apriori untuk melakukan
pengolahan data. Adapun hasil yang akan didapatkan oleh metode ini adalah nilai support, confidence dan
final role atau nilai akhir. Pada tahap pengujian, nilai support, nilai confidence yang ditentukan oleh
pengguna akan menghasilan final role atau nilai akhir yang berbeda di setiap produk yang
dikombinasikan berdasarkan pengolahan data, dan dapat menjadi acuan untuk menenentukan produk yang
akan dijual secara bundling
Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Bundling Produk, Algoritma Apriori, Frequent Itemset.
ABSTRACT
Increasing competition in trade, one has to implement creative strategy in trading. One way is to
sell two or three products in one package at the same time of sales. In this thesis, the author uses a priori
method to perform data processing. As for the result obtained by this method is the value of the support,
confidence and role final or final value. In the testing phase, the value of the support, confidence values
specified by the user produces a final role or a different value at the end of each product that combined
based on the processing of data, and can be a reference for the product to be sold
Keywords : Decision Support System, Product Bundling, Apriori algorithm, Frequent Itemset

Downloads

Published

2015-02-09

How to Cite

Wiji Setyaningsih, M. M. huda/. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN BUNDLING PENJUALAN BARANG DENGAN METODE APRIORI. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 2(2). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/578

Issue

Section

Articles