APLIKASI PENDUKUNG PENGETAHUAN PENINGGALAN SEJARAH CANDI JAWA DENGAN KONSEP ADVENTURE GAME PADA SISWA SDF AL-FALAH KELAS V BERBASIS ANDROID

Amak yunus Harul umam

Abstract

Abstrak
Mempelajari sejarah saat ini juga sudah diberikan di bangku Sekolah Dasar (SD), tetapi
kadang ada siswa yang kurang menanggapi mata pelajaran yang ada di dalam kelas. Siswa yang
masih duduk di bangku sekolah dasar senang terhadap permainan, kehidupan anak sulit
dipisahkan dari dunia permainan namun disisi lain permaian juga mempunyai sisi negatif
terhadap perkembangan kognitif anak, apalagi saat ini permainan banyak dijumpai di beberapa
gadget lebih-lebih sistem operasi Andiroid yang banyak di jumpai dan apabila salah dalam
memilih permainan maka anak akan sulit untuk berkembang. Game aplikasi ini dapat mencapai
tujuan sesuai dengan masalah yang di hadapi siswa sekolah dasar yaitu dengan dibuatnya game
edukasi tentang candi yang merupakan peninggalan sejarah di tingkat sekolah dasar guna
menambah pengetahuan peninggalan sejarah yang berupa candi dan nantinya siswa-siswi
sekolah dasar kelas V tidak hanya bisa belajar di dalam kelas namun di luar kelas juga. Dalam
game aplikasi ini siswa diajak untuk menyelesaikan misi mencari candi-candi yang ada di pulau
jawa dengan melewati beberapa rintangan pada masing-masing stage seperti berjalan melewati
bebatuan, mengambil koin bintang, kuis sejarah, memecahkan puzzle dan melewati berbagai
macam rintangan karena konsep permainan ini Adventure Game sehingga memberikan kesan
easy FUN playing bagi user.
Kata Kunci : Android, Aplikasi, Candi, Adventure Game
Abstract
Today, history subject has been taught in Elementary School (SD), but sometimes some
students do not care about subject in the classroom. Students in elementary school tend to like
playing. Childhood are difficult to be separated from playing, but game also have a negative
side to influence the cognitive development of children. Many games are often found in some
gadgets, for example : the device using Android operating system. They should choose game
carefully, otherwise their psychological development has problem. This application developed
can achieve the objectives to overcome the problems of primary school students. This
educational game has knowledge about historical relics such as temples. The primary school
students especially the fifth grade are not only to learn in the classroom, but also outside the
classroom as well. In this game, the students are encouraged to complete the mission by seeking
temples on the Java island and passing some obstacles at each stage: walking through the
rocks, taking the star coins, and history quiz, solving puzzles. The concept is Adventure, thus
this impression of game is easy and fun for user.
Keywords : Android, Aplication, Temple, Adventure Game

Authors

Amak yunus Harul umam
haey.rul@unikama.ac.id (Primary Contact)
Harul umam, A. yunus. (2015). APLIKASI PENDUKUNG PENGETAHUAN PENINGGALAN SEJARAH CANDI JAWA DENGAN KONSEP ADVENTURE GAME PADA SISWA SDF AL-FALAH KELAS V BERBASIS ANDROID. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/728
Copyright and license info is not available

Article Details