APLIKASI PENDUKUNG PENGETAHUAN PENINGGALAN SEJARAH CANDI JAWA DENGAN KONSEP ADVENTURE GAME PADA SISWA SDF AL-FALAH KELAS V BERBASIS ANDROID

Herul Makmun/ Amak Yunus

Abstract

Abstrak
Mempelajari sejarah saat ini juga sudah diberikan di bangku Sekolah Dasar (SD), tetapi
kadang ada siswa yang kurang menanggapi mata pelajaran yang ada di dalam kelas. Siswa yang
masih duduk di bangku sekolah dasar senang terhadap permainan, kehidupan anak sulit
dipisahkan dari dunia permainan namun disisi lain permaian juga mempunyai sisi negatif
terhadap perkembangan kognitif anak, apalagi saat ini permainan banyak dijumpai di beberapa
gadget  lebih-lebih sistem operasi  Andiroid  yang banyak di jumpai dan  apabila salah dalam
memilih permainan maka anak akan sulit untuk berkembang. Game  aplikasi  ini dapat mencapai
tujuan sesuai dengan masalah yang di hadapi siswa sekolah dasar yaitu dengan dibuatnya game
edukasi tentang  candi  yang merupakan peninggalan sejarah di tingkat sekolah dasar guna
menambah pengetahuan peninggalan sejarah yang berupa  candi  dan nantinya siswa-siswi
sekolah dasar kelas V tidak hanya bisa belajar di dalam kelas namun di luar kelas juga. Dalam
game aplikasi ini siswa diajak untuk menyelesaikan misi mencari candi-candi yang ada di pulau
jawa dengan melewati beberapa rintangan pada masing-masing  stage  seperti berjalan melewati
bebatuan, mengambil koin bintang, kuis sejarah, memecahkan  puzzle  dan melewati berbagai
macam rintangan  karena konsep permainan ini  Adventure Game  sehingga memberikan kesan
easy FUN playing bagi user.
Kata Kunci : Android, Aplikasi, Candi, Adventure Game
Abstract
Today,  history subject has been taught in Elementary School (SD), but sometimes some
students do not care about subject in the classroom. Students in elementary school  tend  to like
playing. Childhood  are  difficult to be separated from playing, but  game  also have  a negative
side to influence the cognitive development of children. Many games are often found in some
gadgets, for example : the device using Android operating system. They should choose game
carefully, otherwise their psychological development has  problem.  This  application developed
can achieve the objectives to overcome the problems of primary school students. This
educational game has knowledge about  historical relics  such as  temples.  The  primary school
students especially the fifth grade are not  only to  learn in the classroom, but  also  outside the
classroom as well. In this game, the students are encouraged to complete the mission by seeking
temples on the  Java  island  and passing  some obstacles at each stage: walking through the
rocks, taking  the  star coins, and history quiz, solving  puzzles. The concept  is  Adventure, thus
this impression of game is  easy and fun for user.
Keywords : Android, Aplication, Temple, Adventure Game

Authors

Herul Makmun/ Amak Yunus
haey.rul@unikama.ac.id (Primary Contact)
Amak Yunus, H. M. (2015). APLIKASI PENDUKUNG PENGETAHUAN PENINGGALAN SEJARAH CANDI JAWA DENGAN KONSEP ADVENTURE GAME PADA SISWA SDF AL-FALAH KELAS V BERBASIS ANDROID. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/815
Copyright and license info is not available

Article Details