“PEMBELAJARAN DAUR HIDUP SERANGGA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITYâ€Â.
Abstract
Daur hidup (life cycle), suatu proses yang menandai perkembangan suatu organismesejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan
jenisnya. Hasil belajar dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan tinggi rendahnya atau efektif
tidaknya proses pembelajaran. Siswa di SDN Bandungrejosari 3 Sukun Malang dalam
menerima pelajaran biologi khususnya pada materi daur hidup serangga masih kurang
dipahami, karena siswa hanya melihat proses daur hidup (metamorfosis) serangga diterima
kurang jelas karena tidak adanya alat peraga yang memvisualkan proses daur hidup serangga
yaitu guru masih menggambar proses daur hidup serangga di papan tulis yang masih terlihat
abstrak, akibatnya mempengaruhi menurunnya hasil belajar siswa.
Unt uk meningkatkan hasil belajar siswa maka di bangun aplikasi media pembelajaran
yang lebih interaktif untuk dapat meningkatkan hasil, dan minat belajar siswa mengenai
materi daur hidup serangga.. Agar tujuan tersebut dapat maka aplikasi akan di bangu n
melalui teknologi IT yang sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok yaitu smartphone
Android. Aplikasi dibangun dengan menggunakan teknologi augmented reality yang
memvisualisasikan proses daur hidup (metamorfosis) serangga secara Real Time. Dengan
adanya aplikasi media pembelajaran ini, mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya
dalam materi daur hidup serangga.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Daur Hidup Augmented Reality, Android
ABSTRACT
Life cycle, a process that marked the development of an organism since the start of his life
on earth to reproduce to maintain the existence of its kind. The process is a rotation (cycle or cycles)
because it will be returned at the point of beginning. Learning outcomes are influenced by the ability
of students and the level or effectiveness of the learning process. Students at SDN Bandungrejosari 3
Sukun Malang in accepting biology, especially in the material life cycle of the insect is still poorly
understood, because students only see the life cycle process (metamorphosis) of insects received less
clear because of the lack of props to visualize the life cycle of insects that teachers still draw the life
cycle of insects on the board still seems abstract, consequently affecting the decline in student
learning outcomes.
To improve student learning outcomes then built media applications more interactive
learning in order to improve outcomes and student interest in learning about the life cycle of insects
materials .. For that purpose can then be built through the application of IT technology that now has
become a staple that is the Android smartphone. Applications built using augmented reality
technology to visualize the life cycle process (metamorphosis) insects in Real Time. With the
application of this learning media, is expected to improve student learning outcomes, especially in the
material life cycle of insects.
Keywords: Learning tool, Life Cycle, Augmented Reality, Android
Downloads
Published
2015-10-22
How to Cite
Wiji Setiyaningsih, A. W. S. (2015). “PEMBELAJARAN DAUR HIDUP SERANGGA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITYâ€Â. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 3(2). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/829
Issue
Section
Articles