“PEMBELAJARAN DAUR HIDUP SERANGGA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY”.

A.Chandra Wahyu Styawan/ Wiji Setiyaningsih

Abstract

Daur hidup (life cycle), suatu proses yang menandai perkembangan suatu organisme
sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan
jenisnya.  Hasil belajar dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan tinggi rendahnya atau efektif
tidaknya proses pembelajaran. Siswa di SDN Bandungrejosari 3 Sukun Malang dalam
menerima pelajaran biologi khususnya pada materi daur hidup serangga masih kurang
dipahami, karena siswa hanya melihat proses daur hidup (metamorfosis) serangga diterima
kurang jelas karena tidak adanya alat peraga yang memvisualkan proses daur hidup serangga
yaitu guru masih menggambar proses daur hidup serangga di papan tulis yang masih terlihat
abstrak, akibatnya mempengaruhi menurunnya hasil belajar siswa.
Unt uk  meningkatkan  hasil belajar siswa  maka  di bangun  aplikasi media pembelajaran
yang  lebih interaktif untuk dapat meningkatkan hasil, dan minat belajar siswa mengenai
materi daur hidup  serangga..  Agar  tujuan tersebut dapat  maka  aplikasi  akan  di bangu n
melalui teknologi IT yang sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok  yaitu  smartphone
Android.  Aplikasi  dibangun dengan menggunakan teknologi  augmented reality  yang
memvisualisasikan proses daur hidup (metamorfosis) serangga secara  Real Time.  Dengan
adanya aplikasi media pembelajaran ini,  mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya
dalam materi daur hidup serangga.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Daur Hidup Augmented Reality, Android
ABSTRACT
Life cycle,  a process that  marked the development  of an organism  since the  start  of his life
on earth  to  reproduce  to  maintain the existence of  its kind.  The  process  is a  rotation  (cycle or  cycles)
because it  will be  returned  at the point of  beginning.  Learning outcomes  are influenced  by  the ability
of students  and  the level  or  effectiveness of  the learning process.  Students  at  SDN  Bandungrejosari  3
Sukun  Malang  in accepting  biology, especially  in the material  life  cycle of  the insect  is still  poorly
understood,  because students  only  see the  life cycle process  (metamorphosis) of insects  received  less
clear  because of  the lack of  props  to visualize  the  life cycle  of insects  that  teachers  still  draw  the  life
cycle  of insects  on the board  still  seems abstract,  consequently  affecting the  decline in  student
learning outcomes.
To improve student learning outcomes then built media applications more interactive
learning in order to improve outcomes and student interest in  learning about the life cycle of insects
materials .. For that purpose can then be built through the application of IT technology that now has
become a staple that is the Android smartphone. Applications built using augmented reality
technology to visualize the life cycle process (metamorphosis) insects in Real Time.  With the
application of this learning media, is expected to improve student learning outcomes, especially in the
material life cycle of insects.
Keywords: Learning tool, Life Cycle, Augmented Reality, Android

Authors

A.Chandra Wahyu Styawan/ Wiji Setiyaningsih
agustinuschandra23@unikama.ac.id (Primary Contact)
Wiji Setiyaningsih, A. W. S. (2015). “PEMBELAJARAN DAUR HIDUP SERANGGA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY”. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/829
Copyright and license info is not available

Article Details