TEKNIK BENCHMARKING ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA SISTEM AKADEMIK
Studi kasus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
DOI:
https://doi.org/10.21067/bimasakti.v5i2.9001Abstract
Penelitian ini membahas hasil penelitian analisis teknik benchmarking analisis index kepuasan mahasiswa terhadap kinerja sistem akademik (SIAKAD) UNIKAMA. Faktor kualitas layanan menggunakan tangible (bukti fisik), reliable (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (empati). Sampel penelitian adalah 321 mahasiswa yang telah menggunakan SIAKAD selama proses perkuliahan pada Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Hasil uji validitas data menunjukkan bahwa semua butir soal valid dan hasil uji reliabilitas menunjukkan tingkat reliabelnya baik. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan nilai kesesuaian pada tingkat kepuasan mahasiswa per atribut pada analisis Important Performance Analysis maka hasil yang diperoleh berada di tingkat “sangat memuaskanâ€. Sedangkan berdasarkan dari hasil analisis Customer Satisfaction Index hasil yang diperoleh berada pada kriteria “puasâ€. Berdasarkan hasil Benchmarking dari kedua metode tersebut didapatkan bahwasanya index kepuasan mahasiswa itu sangat optimal khususnya pada metode IPA dikarenakan pada metode tersebut juga dapat mengetahui secara detail atribut mana saja yang perlu dilakukan perbaikan melalui hasil diagram kartesius. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode ini merupakan metode yang lebih kompleks. Berdasarkan pada hasil pengolahan dan analisis yang telah dilakukan, maka dapat peneliti kemukakan beberapa saran yang diharapkan berguna bagi Sistem akademk Universitas PGRI Kanjuruhan Malang atau pihak-pihak yang bersangkutan dalam hal ini, pelaksanaan upaya perbaikan harus dipantau dan dievaluasi sesuai dengan hasil yang didapatkan agar kepuasan pengguna sistem akademik benar-benar terpenuhi, jika ingin melakukan Benchmarking pada sebuah metode diharapkan metode yang akan menjadi pembanding mempunyai variabel sama.