PENGEMBANGAN BAHAN PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS IX DI SMP ISLAM DRUJU SUMBERMANJING WETAN

Authors

  • Fajar Afandi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Danang Aditya Nugraha Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Moh Ahsan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/bimasakti.v6i1.9350

Abstract

Metodologi pengembangan yang diterapkan dalam penelitian dan telah dimodifikasi dengan tahapan penelitian yang sudah dirancang (RnD) dengan bebrapa modifikasi dalam pengembngan bahan modul  dibagi menjadi 10 tahap, yaitu: (1) permasalahan dan potensi, (2) pengumpulan data, (3) perkembangan produk, (4) validasi ahli guru dan ahli siswa , (5) evaluasi produk, (6) Uji coba kelompok kecil, (7) evaluasi produk, ( 8) pengujian kelompok besar, (9) evaluasi produk, (10) pembuatan produk. Hasil pengembangan modul  dasar yang dikembangkan di komputer dan terhubung ke jaringan sesuai modul Rnd dibangun dan diverifikasi oleh beberapa ahli, yaitu:(1) ahli Guru mencapai 94,1%, (2) ahli Siswa mencapai 93,54%, (3) kelompok esai kecil mencapai 80,4%, (4) kelompok esai kelompok esai mencapai 91,96% dan nilai rata-rata bilai sebesar 90,79%. Berdasarkan dari hasil evaluasi dengan dikatakan bahwa modul pemebelajaran  dasar computer dan jaringan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMP Islam Druju khususnya mata pelajaran komputer dasar kelas IX komputer dan jaringan program komputer.

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Afandi, F., Nugraha, D. A., & Ahsan, M. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS IX DI SMP ISLAM DRUJU SUMBERMANJING WETAN. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.21067/bimasakti.v6i1.9350

Issue

Section

Articles