PENGGUNAAN C&C LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI DAN BERDAYA SAING POSITIF PADA KELAS READING

PENGGUNAAN C&C LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI DAN BERDAYA SAING POSITIF PADA KELAS READING

Authors

  • Irene Trisisca Rusdiyanti Universitas Kanjuruhan Malang
  • Siti Mafulah Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v4i1.1950

Keywords:

C&C Learning, PTK, kemampuan kompetitif

Abstract

Kemampuan interaksi dan daya saing positif sangatlah dibutuhkan mahasiswa sebagai bekal menghadapi persaingan dunia kerja usai lulus dari perguruan tinggi, maka dari itu sebisa mungkin rasa itu harus dipupuk dan di tanamkan dalam diri masing-masing mahasiswa. Salah satunya adalah dengan pembelajaran yang mengandung kompetisi namun tetap berkooperasi dan kolaborasi yaitu C&C learning. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah PTK dengan empat siklus yang diadopsi dari Kemmis & Taggart (1988) yang memiliki empat langkah: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan, kuisioner dan tes. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pada siklus pertama hasil penelitian menunjukkan kurang berhasil karena hanya 46.15% mahasiswa memperoleh nilai dibawah 80. hal ini belum memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus kedua jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai diatas 80 sebanyak 88.46%. Dengan perlehan ini maka penelitian disimpulkan telah sukses. Dari hasil kuisioner diperoleh respon dari mahasiswa sebagai berikut: sebanyak 24 mahasiswa (92,30 %) mahasiswa menyatakan senang dan mampu berinteraksi denagn baik. 25 mahasiswa (96,15%) menyatakan mampu menyatakan ide tanpa beban. Sehingga dapat disimpulkan bahwa C&C learning mmampu meningkatkan kemampuan interkasi dan berdaya saing positif dalam mata kuliah interpretive reading.

References

Brown, H. D. 2007. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Englewoods Cliffs: Prentice Hall.

Cooper, J. M. 1999. Classroom Teaching Skill.Boston: Houghton Mifflin Company.

Gebhard, J. G. 2000. Teaching English as a Foreign Language or Second Language: A Teacher Self Development and Methodology Guide. Michigan: the University of Michigan Press.

Kemmis, S.,& Mc Taggart, R. 1988. The Action Research Planner.Victoria: Deakin University Press.

Kholid A. H dan Lilis S. (1997). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Richard, J., & Rodgers, T. 2002. Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Soedarso. 2006. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2017-11-21

How to Cite

Rusdiyanti, I. T., & Mafulah, S. (2017). PENGGUNAAN C&C LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI DAN BERDAYA SAING POSITIF PADA KELAS READING. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 4(1). https://doi.org/10.21067/jibs.v4i1.1950
Loading...