Profil Perilaku Altruistik Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Program Pelatihan Kompetensi Kepribadian Calon Konselor

Main Article Content

Rina Yulitri
Ardimen
Emeliya Hardi
Gustina

Abstract

The purpose of this study is to describe the altruistic behavior of student guidance and counseling. This type of research is quantitative descriptive. The population of this research is the students majoring in guidance and counseling at IAIN Batusangkar. Sampling with a purposive sampling technique, namely 7 semester 74 students. The results of this study indicate that only a small proportion of students possess altruistic behavior at high and very high classifications. While altruistic behavior in the aspect of wanting to give, empathy, volunteering, helping others, prioritizing others, and feeling the results are good for those who are helped and helped are in the medium classification.

Article Details

How to Cite
Yulitri, R., Ardimen, Hardi, E., & Gustina. (2020). Profil Perilaku Altruistik Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Program Pelatihan Kompetensi Kepribadian Calon Konselor. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(2), 39–46. https://doi.org/10.21067/jki.v5i2.4363
Section
Articles

References

Alam, M. (2016). Altruisme Semu di Sekolah: Analisis terhadap Praktek-praktek Kekerasan dan Keterlibatan School Stakeholder dalam Kegiatan Inisiasi Sekolah. Jurnal Sosiologi Reflektif, 10(1), 1–16.

Ardimen, A. (2017). Evaluasi Kinerja Konselor dalam Proses Konseling dan Riset Konseling di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 58–73.

Ardimen, A. (2018a). Pengembangan Kepribadian Konselor Berbasis Asmaul Husna dalam Pelayanan Konseling. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(2), 102–115.

Ardimen, A. (2018b). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22–29.

Diyai, I., Bidjuni, H., & Onibala, F. (2019). Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Perilaku Altruistik pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–6.

Hanana, N. F. (2019). Pengaruh Self-Esteem dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Prososial. Tazkiya: Journal of Psychology, 6(1), 85–100.

Latifah, L., & Susanti, R. H. (2016). Upaya Meningkatkan Empati Siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang Melalui Penggunaan Teknik Sinema Terapi. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 1(2), 88–95.

Makhmudah, U. (2017). Mempersiapkan Kompetensi Kepribadian Calon Konselor untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 1(1), 68–76.

Mesa, N. M. R., Aspin, A., & Rudin, A. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Perilaku Altruisme Siswa. Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan Dan Konseling), 4(1), 35–44.

Ni’mah, R. (2017). Hubungan Empati dengan Perilaku Altruistik. At-Tuhfah, 6(1), 99–115.

Nusantara, B. A. (2016). Tingkat Altruisme Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (Studi Angkatan 2013, 2014, dan 2015). Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Pamungkas, I. M., & Muslikah, M. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Empati dengan Altruisme pada Siswa Kelas XI MIPA SMA N 3 Demak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 154–167.

Pane, R. M. (2016). Kompetensi Kepribadian Konselor dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam. Hikmah, 10(2), 1–15.

Putri, A. (2016). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor dalam Konseling untuk Membangun Hubungan Antar Konselor dan Konseli. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 10–13.

Putri, M. N., & Suryanto. (2018). Hubungan Antara Perilaku Altruisme dengan Partisipasi Sosial pada Anggota Karang Taruna dengan Rasa Kepemilikan Organisasi (Sense of Belonging) Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 7, 1–12.

Rahman, A. A. (2017). Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahmawati, S. W. (2017). Peran Pengasuhan Holistik Terhadap Altruisme dan Bullying. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 14(1), 10–25.

Sa’idah, I., & Annajih, M. Z. H. (2019). Perspektif Nilai Pesantren: Pengembangan Kualitas Pribadi Ideal Konselor. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 1–12.

Yandri, H., Fikri, M. K., & Juliawati, D. (2019). Penerapan Perilaku Altruistik dalam Layanan Konseling Individu Oleh Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 53–64.