Meningkatkan Strategi Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Cooperatif Learning

Main Article Content

Sandra Sari Saputri
Siti Maftuhah
Masril Masril

Abstract

Weak student learning strategies lead to low learning outcomes so group guidance is carried out using the discussion method, but the activity objectives have not been achieved. Therefore used a group guidance approach with cooperative learning methods to improve student learning strategies. The research subjects were students of class VII UPT SMPN 2 Sitiung. This study uses the Guidance and Counseling Action Research method. Data was tested using the Paired Samples Test (T test). The results of the group guidance approach with the Cooperative Learning method can significantly improve student learning strategies.

Article Details

How to Cite
Saputri, S. S., Maftuhah, S., & Masril, M. (2023). Meningkatkan Strategi Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Cooperatif Learning. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 8(2), 49–56. https://doi.org/10.21067/jki.v8i2.7869
Section
Articles
Author Biographies

Sandra Sari Saputri, UPT SMPN 2 SITIUNG

assalamualaikum wr.wb, terima kasih atas kesempatan yang diberikan. mohon bantuan bpk/ibu untuk membantu saya dalam berkontribusi untuk banyak orang melalui penelitian saya.

Masril Masril, UIN Mahmud Yunus Batusangkar

semoga penelitian kami dapat berkontribusi untuk banyak orang melalui jurnal ini, terima kasih

References

Aina Mulyana. (2020). PENGERTIAN HASIL BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Ainamulyana.Blogspot.Com.

Alsa, A., Hidayatullah, A. P., & Hardianti, A. (2021). Strategi Belajar Kognitif Sebagai Mediator Peran Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP). https://doi.org/10.22146/gamajop.62623

Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232

Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), 37–46. http://journal.kurasinstitut.com/index.php/ijit

BUDIONO, S. (2021). KONSELING KREATIF DAN INOVASI DALAM PENELITIAN TINDAKAN BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.360

Christanty, Z. J., & Cendana, W. (2021). Upaya Guru Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas K1 Dalam Pembelajaran Synchronous. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 337–347.

Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332

Evangelou, F. (2023). Differentiated Instruction as A Learner - Centred Form of Teaching in Primary Education : Views and Attitudes of Greek Teachers. International Journal of Education, 15(2), 15–34. https://doi.org/10.5296/ije.v15i2.21004

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). STRATEGI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA. Pena Literasi. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Gunawan, R. G., & Putra, A. (2019). Pengaruh Strategi Belajar Aktif Sortir Kartu Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 362–370. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.119

Juwandi, J., & Widyana, R. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Spirits, 10(1), 49. https://doi.org/10.30738/spirits.v10i1.6536

Kristiyani, E., & Budiningsih, I. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran E-Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Akademika, 8(01), 81–100. https://doi.org/10.34005/akademika.v8i01.341

Marpaung, J. N., & Cendana, W. (2020). Keterampilan menjelaskan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Maslikhah. (2019). Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Bekasi. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 203–211.

Nurjana, M. I. (2015). Pengaruh Strategi Belajar Mind Mapping Dalam Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 74. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i2.748

Patimah, I., Megawati, S. W., & Suryawantie, T. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(1), 86. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1.12347

Permatasari, D., & Latifah, L. (2021). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Berbantu Teknik Shaping. 7(1), 1–6. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI

Raharjo, S. (2014). Cara melakukan Uji Validitas Product Moment dengan SPSS. SPSS Indonesia (Olah Data Statistik Dengan SPSS).

Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 9–14.

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Konformitas Teman Sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.351

Sasmita, R. S. (2020). Research & Learning in Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 1–5.

Satria, H. (2021). Pengaruh Teknik Cooperative Learning Berbasis Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dasar-Dasar Elektronika. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 17. https://doi.org/10.22373/crc.v5i1.8085

Serikandi, B. (2020). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Kelas Xii-Iis-1 Sma Negeri 1 Pujut. Jurnal Paedagogy, 7(2), 78–89. https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2498

Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349

Tambunan, N. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 207–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.993

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.350

Widyantari, N. K. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). PENGARUH STRATEGI BELAJAR KOGNITIF, METAKOGNITIF DAN SOSIAL AFEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19384

Widyasari, D. A. A. (2021). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN TEMA 9 KELAS V SD NEGERI 1 TAMANREJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Wawasan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8874

Zeky, A. A., Batubara, J., Islam, U., Imam, N., & Padang, B. (2019). Jurnal Al-Taujih. 5(2).