PENGARUH SOFTSKILL DAN HARDSKILL TERHADAP KINERJA SISWA PRAKERIN SMK MODERN AL–RIFA’IE (Studi pada Siswa Prakerin SMK Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi)

Main Article Content

Ida Nuryana
Triwahyudiyanto Triwahyudiyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh softskill dan hardskill   untuk Kinerja Prakerin Siswa SMK Modern Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari softskill dan hardskill. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 52 responden Prakerin Siswa di SMK Modern Al-Rifa'ie di tahun akademik 2012/2013 dan 2013/2014. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang dominan adalah variabel hardskill. Hardskill   memiliki pengaruh yang signifikan karena siswa memiliki pengetahuan teknis dan keterampilan teknis yang diperoleh dari praktek bisnis atau praktek industri.

Article Details

How to Cite
Nuryana, I., & Triwahyudiyanto, T. (2016). PENGARUH SOFTSKILL DAN HARDSKILL TERHADAP KINERJA SISWA PRAKERIN SMK MODERN AL–RIFA’IE (Studi pada Siswa Prakerin SMK Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi). JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 1(1). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPIG/article/view/1446
Section
Articles