PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DALAM POKOK BAHASAN PETA OBJEK GEOGRAFI KELAS VII A SMP NEGERI 1 KEPANJEN TAHUN AJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.21067/jpig.v3i1.2926Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran geografi kelas VII SMP A Negeri 1 Kepanjen, (2) Untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepanjen. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terbukti dapat membantu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepanjen, Berdasarkan hasil lembar observasi aspek afektif berfikir kreatif siswa pada siklus I rata-rata ketercapaian dari masing-masing aspek kemampuan berfikir kreatif siswa sebesar 68,75% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,13% rata-rata ketercapaian. Sedangkan berdasarkan hasil angket aspek afektif berfikir kreatif siswa sebelum dilakukan tindakan kemampuan berfikir kreatif siswa sebesar 36,92%, pada siklus I sebesar 72,09%, dan pada siklus II sebesar 81,80%.