UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 7.2 SMPN 3 MALANG MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI PENDUDUK INDONESIA DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM

Authors

  • Suriyanto Suriyanto Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jpig.v3i1.2927

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas 7.2 semester 2 SMPN 3 Malang pada materi Penduduk Indonesia dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran tipe STAD dengan ditunjukan data sebagai berikut. Ketuntasan belajar sebelum pra tindakan yaitu sebesar 60% kemudian siklus I meningkat 63,33%, dan siklus II meningkat menjadi 80%.

Downloads

Published

2019-03-16

How to Cite

Suriyanto, S. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 7.2 SMPN 3 MALANG MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI PENDUDUK INDONESIA DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 3(1), 238–245. https://doi.org/10.21067/jpig.v3i1.2927

Issue

Section

Articles