PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI MTS AZZAINIYAH I RANDUMERAK KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2013/2014

  • Solehoddin Solehoddin Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Pendidikan di sekolah merupakan suatu usaha untuk membantu siswa dalam perkembangan sesuai dengan bakat dan kemampuan anak. Tingkat keberhasilan dari masing-masing anak banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor latar belakang keluarga, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan orang tua yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode data primer yang berupa angket dan dan sekunder yang berupa rapot siswa semester I mata pelajaran IPS kelas VIII Di MTs Azzainiyah I Randumerak,Kecamatan paiton Kabupaten Probolinggo Tahun pelajaran 2013/2014 .berdasarkan hasil penelitian didapatkan dan setelah diadakan analisis data diperoleh rhitung (X1) sebesar 0,759 dan rhitung (X2) sebesar 0,617 sedangkan thitung (X1) sebesar 0,035 dan thitung (X2)sebesar 0,011. Sedangkan  Fhitung sebesar 0,000  dan kontribusi efektif dari kedua variabel tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan orang tua tersebut sebesar 62,9%. terhadap prestasi belajar dan sisanya sebesar 37,1%.dari kesimpulan di atas ada pengaruh yang positih dan signifikan antara pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa.
Published
2019-02-07
How to Cite
Solehoddin, S. (2019). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI MTS AZZAINIYAH I RANDUMERAK KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2013/2014. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 3(1), 221-230. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPIG/article/view/2928
Section
Articles