PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 10 MALANG

Authors

  • Theresia Cicy Oktaviana Universitas Kanjuruhan Malang
  • Yuli Ifana Sari Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model  quantum learning terhadap hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VII SMP Negeri 10 Malang semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quansi eksperiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan variabel bebasnya model quantum learning. Instrumen penelitian hasil belajar menggunakan tes esai. Hasil penelitian berupa data yang dianalisis menggunakan t-test  berbantuan program  SPSS 16.0 for windows. Berdasrakan analisis nilai pre test dan post test, rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 29,44 dibandingkan kelas kontrol dengan skor 21,38. Hasil perhitungan uji-t menggunakan independent sample t-test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) yaitu dengan taraf signifikan 0,01. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model quantum learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ips. Disimpulkan bahwa model quantum leraning berpengaruh terhadap hasil belajar ips siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menguji pengaruh model quantum learning terhadap variabel dan lokasi yang berbeda, jenjang pendidikan, dan materi yang berbeda. Selain itu peneliti selanjutnya juga bisa menggunakan materi apa saja.

Downloads

Published

2019-07-24

How to Cite

Oktaviana, T. C., & Sari, Y. I. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 10 MALANG. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 2(1). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPIG/article/view/3498

Issue

Section

Articles