PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 02 SINGOSARI MALANG 2016/2017

Authors

  • Adel Bertus Tarajut Universitas Kanjuruhan Malang
  • Mustika Arif Jayanti Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasi belajar siswa. Peran motivasi sebagai perantara untuk menyampaikan informasi dan dapat mempertinggi proses belajar siswa mampu meningkatkan hasil belajar. Minat belajar pengaruh terhadap hasil belajar. Minat belajar merupakan sikap individu yang sangat diperlukan oleh setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Pgri 02 Singosari; 2) Pengaruh Minat Belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Pgri 02 Singosari; 3) Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP Pgri 02 Singosari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi: Y= 58,866+0.350 +0.336  yang artinya hasil belajar dipengaruhi oleh motivasi dan minat belajar. Kesimpulanya 1) Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil uji t diperoleh  3,905 (α=5%) dan nilai signifikan <0,05 yaitu 0,000. 2) Minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan uji t diperoleh  3,465 (α=5%) dan nilai signifikan <0,05 yaitu 0,00. 3) Motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil uji F 597,851 dan nilai signifikan <0,05 yaitu 0,000 pada taraf signifikan 5%.

Downloads

Published

2019-07-24

How to Cite

Tarajut, A. B., & Jayanti, M. A. (2019). PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 02 SINGOSARI MALANG 2016/2017. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 2(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPIG/article/view/3499

Issue

Section

Articles