PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII-3 SMP NEGERI 23 MALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Artoldus Marianus Huntar Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah di lakukan di kelas VII-3 SMP Negeri 23 Malang ditemukan pokok permasalahan yang timbul pada saat pembelajaran IPS menunjukan perilakuk siswa kurang memperhatikan saat pembelajaran, mengganggu teman sebangku, kurang berpartisipasi memberikan pendapat, bertanya, atau mencari  jawaban ketika guru atau siswa lain mengajukan pernyataan. Perilaku seperti ini menunjukan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar dikelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pemeblajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan dengan dua siklus di setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 23 Malang dengan jumlah siswa 32 orang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian yang di dapat menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dimana keaktifan siswa memiliki kategori baik. hal ini terbukti keaktifan siswa yang di peroleh pada siklus I dengan kategori 69.12% sedangkan pada siklus II memperoleh 81.12%. Saran bagi peneliti berikutnya untuk lebih memahami model pembelajaran Think Talk Write (TTW), memahami langkah-langkahnya dan lebih banyak memberikan motivasi kepada siswa.

Downloads

Published

2019-07-24

How to Cite

Huntar, A. M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII-3 SMP NEGERI 23 MALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 2(1). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPIG/article/view/3500

Issue

Section

Articles