Analisis Implementasi Pembelajaran Daring Mengenai Materi Mitigasi Bencana Alam Selama Pandemic Covid-19 di SMA Batik 1 Surakarta

Authors

  • Nabila Kinthen Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21067/jpig.v5i2.4871

Keywords:

mitigasi bencana, pembelajaran daring, covid-19

Abstract

Bencana alam dapat terjadi secsra tiba-tiba maupun melalui proses yang berlangsung secara perlahan. Bencana tentu dapat menimbulkan kritis dalam berbagai aspek, maka diperlukan pemahaman tentang bagiamana respon yang harus dilakukan oleh masyarakat menjadi penting dalam kesiapsiagaan masyarakat namun selain masyarakat pemahaman mengenai kesiapsiagaan perlu diketahui oleh anak-anak sejak usia dini maupun peserta didik di sekolah. guru memiliki peran penting untuk memberikan pembelajaran mengenai kebencanaan dan mitigasi bencana pada mata pelajaran geografi yang dapat disampaikan melalui pembelajaran daring mauapun pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap pengetahuan siswa kelas XI IPS di SMA Batik 1 Surakarta mengenai materi mitigasi bencana alam banjir, menganalisis perencanaan guru dalam menerapkan pembelajaran daring selama proses pembelajaran geografi terkait materi mitigasi bencana alam banjir dan mengavaluasi strategi yang tepat untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI IPS mengenai materi mitigsi bencana alam banjir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif mix metode, data dikumpulkan menggunakan instrument penelitian berupa questioner atau daftar pertaanyaan soal untuk siswa dan beberapa pertanyaan untuk guru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa dan 1 guru geografi kelas XI IPS. Hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran daring mengenai materi mitigasi bencana alam memiliki pengaruh baik terhdap siswa dalam pengetahuan penyebab banjir dan pemahaman mengenai tindakan penyelamatan diri saat terjadi bencana banjir, selain itu diperlukan strategi serta perencanaan pembelajaran daring yang baik oleh guru untuk meningkat pemahaman siswa agar pembelajaran daring dapat dilakukan secara efektif.

Natural disasters can occur suddenly and through a slow process. Disasters can cause critical in various aspects, so it's necessary for understanding the response that must be done by the society and become important in society preparedness, but in addition to the society understanding about preparedness needs to be known by children from an early age as well as students in schools. teachers have an important role to available in providing learning about disasters and mitigation in geography subjects that can be delivered through online learning and face-to-face learning. The aim of the research is to know the influence of online learning on the knowledge of students at SMA Batik 1 Surakarta grade XI on flood natural disaster mitigation materials, analyze teacher planning in applying online learning during the geography class process related to flood natural disaster mitigation materials and evaluate appropriate strategies to improve the understanding of grade XI IPS students on flood natural disaster mitigation materials. The research method is a descriptive method mix method, data collection method used research instruments in the form of questioners or question question lists for students and some questions for teachers. The population in this study was 30 students and 1 geography teacher grade XI IPS. The results of the study are known that online learning about natural disaster mitigation materials has a good influence on students in the knowledge of flood causes and understanding of self-rescue actions in the event of a flood disaster, in addition to the need for good online learning strategies and planning by teachers to improve students' understanding so that online learning can be done effectively.

References

Amiruddin, A. (2014). Analisis Pengaruh Cash Flow Per Share Dan Earning Per Share Terhadap Dividend Per Share (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2008-2011 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fatimah, L. (2014). TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS X DALAM MITIGASI BENCANA BANJIR DI SMA ISLAM 1 SURAKARTA. https://doi.org/10.16526/j.cnki.11-4762/tp.2014.11.051

Hartuti, D. P., & Purworini, D. (2020). Ketidakpastian Dalam Kondisi Bencana (Studi Kasus BPBD Ponorogo Dalam Mitigasi Bencana). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Juneza, R. R. D. (2016). Respon para disabilitas terhadap komunikasi krisis BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan tim SAR Klaten tahun 2016. Profetik: Jurnal Komunikasi, 9(1).

Krishna, P., & Yuliawati, A. K. (2008). Pendidikan Siaga Bencana Gempa Bumi Sebagai Upaya Meningkatkan Keselamatan Siswa (Studi Kasus Pada SDN Cirateun dan SDN Padasuka 2 Kabupaten Bandung).

Paramesti, C. A. (2011). Kesiapsiagaan masyarakat kawasan Teluk Pelabuhan Ratu terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Journal of Regional and City Planning, 22(2), 113–128.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Sa’adah, Z. (2010). Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dalam Pembelajaran PAI di SMP YPM 3 Taman. IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Sugiyono. (2013). Penelitian Mixed Methods. 3–4. https://doi.org/10.1103/PhysRevApplied.3.034009

Tunggali, A. P. P. W., Rasyid, E., & Rahmawati, W. (2019). Peran Komunikasi Pembangunan Media Massa dalam Proses Mitigasi Bencana di Indonesia. Komunikasi Lingkungan Dan Komunikasi Bencana Di Indonesia.

Wardani, K. E. (2019). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN GEOGRAFI TENTANG PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DI SMA NEGERI 1 SLEMAN. UNNES.

Yulaelawati, E. (2008). Mencerdasi bencana: banjir, tanah longsor, tsunami, gempa bumi, gunung api, kebakaran. Grasindo.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Kinthen, N. (2020). Analisis Implementasi Pembelajaran Daring Mengenai Materi Mitigasi Bencana Alam Selama Pandemic Covid-19 di SMA Batik 1 Surakarta. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 5(2), 96–106. https://doi.org/10.21067/jpig.v5i2.4871

Issue

Section

Articles