Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Jarak jauh Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Klaten
DOI:
https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.5418Keywords:
motivasi belajar, pembelajaran jarak jauhAbstract
Abstrak: Pembelajaran jarak jauh menjadi sesuatu yang baru dalam sistem pendidikan di Indonesia. Hal tersebut tentu membutuhkan adaptasi dan penyesuaian baik bagi pendidik maupun peserta didik. Pembelajaran jarak jauh sebagai solusi yang dilaksanakan selama pandemi tentunya tidak berjalan secara mulus tanpa kendala. Masalah yang muncul tersebut akan berakibat pada menurunnya semangat belajar dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian terdiri atas informan kunci yaitu guru mata pelajaran geografi, informan utama yaitu peserta didik, dan informan pendamping yaitu wali murid dan wali kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami penurunan setelah diterapkan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran geografi. Oleh karena itu, diharapkan guru dan peserta didik bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi yang sedang terjadi, sehingga guru dapat menyampaikan pembelajaran dengan baik dan peserta didik dapat termotivasi untuk belajar secara optimal.
Â
Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran geografi, pembelajaran jarak jauh.
References
Basar, Afip M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 2 No. 1, Januari 2021
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2, No. 1, (55-61)
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94–101.
Rihani, Nur N. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh dalam Masa Pandemi Covid-19. FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Syafitri, Neneng. (2013). Pengaruh Metode Mengajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi (studi empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi. 3 55-67.