Hubungan antara Minat dengan Hasil Belajar Kartografi

Authors

  • Chandra Adiputra

DOI:

https://doi.org/10.21067/jpig.v6i2.6037

Keywords:

minat, hasil belajar, kartografi, peserta didik, peta

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara minat dengan hasil belajar mata kuliah Kartografi. Mata kuliah ini dikontrak oleh 19 peserta didik Pendidikan IPS pada semester genap tahun akademik 2020/2021. Data terdiri atas minat terhadap mata kuliah Kartografi (angket) serta hasil belajar mata kuliah Kartografi aspek pengetahuan dan keterampilan (studi dokumentasi). Tidak ada hubungan antara minat dengan hasil belajar Kartografi, baik hasil belajar aspek pengetahuan (rhitung ≤ rtabel = 0,0583 ≤ 0,4555 (n = 17; α = 0,05)) maupun keterampilan (-ttabel ≤ t0 ≤ ttabel = -2,11 ≤ 0,88 ≤ 2,11 (n = 17; ½α = 0,025)). Dengan demikian, peserta didik yang memiliki minat tinggi terhadap mata kuliah Kartografi, belum tentu hasil belajar Kartografinya akan tinggi pula (begitu pun sebaliknya), baik hasil belajar aspek pengetahuan maupun keterampilan. Namun, hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasikan apabila ditinjau dari minat, karena data minat diketahui tidak bervarian homogen (F > F critical one-tail = 1.441,30 > 2,27).

 

This research was conducted to analyze the relationship between interest and learning outcomes of Cartography courses. This course is contracted by 19 Social Studies Education students in the even semester of the 2020/2021 academic year. The data consists of interest in Cartography courses (questionnaire) and learning outcomes of the Cartography course aspect of knowledge and skills (documentation studies). There is no relationship between interest and learning outcomes of Cartography, both learning outcomes aspect of knowledge (rcount ≤ rtable = 0,0583 ≤ 0,4555 (n = 17; α = 0,05)) and skills (-ttabel ≤ t0 ≤ ttabel = -2,11 ≤ 0,88 ≤ 2,11 (n = 17; ½α = 0,025)). Thus, students who have a high interest in Cartography courses do not necessarily have high Cartography learning outcomes (and vice versa), both learning outcomes aspect of knowledge and skills. However, the results of this study cannot be generalized in terms of interest, because interest data is known to have no homogeneous variance (F > F critical one-tail = 1.441,30 > 2,27).

References

Adiputra, C. (2021a). Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah Kartografi. Malang: Universitas Islam Raden Rahmat.

Adiputra, C. (2021b). Kontrak Kuliah Mata Kuliah Kartografi. Malang: Universitas Islam Raden Rahmat.

Ahadi, I.I. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Geografi Konsep Pedosfer Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Sakra Timur. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(1), 66‒75. https://doi.org/10.12345/jir.v8i1.74

Asiyah, S., Putri, M.K., Heldayani, E., Oktavia, M., Chairunisa, E.D., & Aryaningrum, K. (2020). Pemanfaatan Seni Kartografi untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMA Negeri 1 Pemulutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 12‒15. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i1.14838

Capah, A., Abdi, A.W., & Azis, D. (2020). Hubungan antara Minat Menjadi Guru dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 5(3), 167‒174.

Inawati, H. & Irhandayaningsih, A. (2018). Implementasi Peraturan Kepala ANRI No 16 Tahun 2012 dalam Pengelolaan Arsip Kartografi dan Kearsitekturan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(3), 181‒190.

Junita, R., Jaya, M.T.B.S., & Utami, D. (2019). Analisis Minat Belajar dan Aktivitas Belajar Melalui Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 7(2), 1‒12.

Lodan, G. (2020). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Geografi Konsep Pedosfer Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri I Maumere. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(11), 46‒53.

Ma’ali, A. N., & Kurniawan, A. T. (2019). Sistem Manajemen Arsip Kartografi dan Kearsitekturan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Geografis Peneliti (Studi Kasus pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 331‒340.

Mizbahuddin & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Nofrion. (2013). Pengaruh Kemampuan Awal dan Soft Skills terhadap Hasil Belajar Kartografi. Jurnal Geografi, 2(2), 66‒85.

Purba, R.H., Fatchan, A., & Susilo, S., (2016). Pengaruh Kombinasi Model Problem Based Learning dengan Team Games Tournament terhadap Hasil dan Minat Belajar Geografi Siswa MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(1), 44‒52. http://dx.doi.org/10.17977/um017v21i12016p044

Ramadhan, M.I. & Andaria, K.S. (2020). Peningkatan Pemahaman Kartografi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Manado Melalui Penerapan Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 5(1), 118‒125. http://dx.doi.org/10.36709/jppg.v5i1.11219

Rasi, M. (2018). Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi FIS UNP Tahun Masuk 2013-2016 tentang Kartografi. Jurnal Buana, 2(3), 856‒865. https://doi.org/10.24036/student.v2i3.147

Sariyono, K.E. & Mukminan. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kartografi pada Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNY. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 207‒220. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7807

Suharwati, S.I., Sumarmi, & Ruja, I N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 74‒79.

Susetyo, D.B., Hakim, Y.F., Arimjaya, I W.K., & Ainiyah, R. (2014). Aspek Kartografi Peta Joint Border Mapping (JBM) Republik Indonesia-Malaysia. Jurnal Ilmiah Geomatika, 20(1), 31‒36.

Tanamir, M.D. (2016). Hubungan Minat terhadap Bentuk Tes dan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Curricula, 1(2), 41‒51. http://dx.doi.org/10.22216/JCC.v2i2.987

Tarajut, A.B. & Jayanti, M.A. (2017). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Singosari Malang 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi, 2(1), 105‒110.

Yeftha, Haryanto, Z., & Saputra, Y.W. (2020). Pengaruh Minat terhadap Hasil Belajar Geografi dengan Model Inkuiri Terbimbing di SMAN 3 Samarinda. Jurnal Geoedusains, 1(1), 15‒26. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i1.185

Zulkarnain, N. & Cahyono, A.B. (2017). Analisa Kesesuaian Kartografi Peta Desa Skala 1:5000 Berdasarkan Peraturan Kepala BIG Nomor 3 Tahun 2016 (Studi Kasus: Desa Beran Kabupaten Ngawi). Jurnal Teknik ITS, 6(2), A501‒A505. http://doi.org/10.12962/j23373539.v6i2.23986

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Adiputra, C. (2021). Hubungan antara Minat dengan Hasil Belajar Kartografi. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 6(2), 168–174. https://doi.org/10.21067/jpig.v6i2.6037

Issue

Section

Articles