Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lintas Minat Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 1 Padang Sago
DOI:
https://doi.org/10.21067/jpig.v7i2.7335Keywords:
Development, Lectora Inspire, Learning OutcomesAbstract
Abstrak: Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa kelas X lintas minat pada geografi di
SMAN 1 Padang Sago, peneliti bermaksud menguji pengembangan, kelayakan dan praktikalitas
pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan
pengembangan (Research and Development). Menggunakan model 4 D yaitu define (pendefinisian),
design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X lintas minat di SMAN 1 Padang Sago tahun ajaran 2021/2022
yaitu sebanyak 79 siswa, yaitu X MIPA 1 mengumpulkan 26 siswa, X MIPA 2 mengumpulkan 27
siswa dan X MIPA 3 mengumpulkan 26 siswa. Hasil penelitian adalah: 1.) Pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire yang disetujui dosen media, linguistik, pendidikan
dan IT maka diperoleh hasilnya 0.737 maka dapat disimpulkan tingkat validasinya “Memadaiâ€Â. 2.)
Sumber daya pendidikan interaktif dengan lectora inspire oleh dua orang guru geografi memiliki nilai
total 214 dan nilai rata-rata 4,89 dan nilai presentase sebesar 98% maka dikategorikan “Sangat Baikâ€Â.
3) Media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire dinyatakan “Sangat Praktis†dengan
hasil skor 2.920 dengan tingkat mean 4,71 dan presentase senilai 94%. Rata-rata rata-rata kelas
implementasi adalah 88, rata-rata kelas kontrol adalah 64 artinya kelas implementasi lebih baik dari
kelas kontrol
Kata Kunci : Pengembangan, Lectora Inspire, Hasil Belajar
Abstract: In order to improve the learning outcomes of class X cross-geography students at SMAN 1
Padang Sago, the researcher intends to test the development, feasibility and practicality of interactive
learning based on Lectora Inspire. The type of research used is research and development (Research
and Development). Using the 4D model, namely define (definition), design (design), develop
(development) and dissemination (dissemination). The subjects in this study were students of class X
between interests at SMAN 1 Padang Sago in the academic year 2021/2022 as many as 79 students,
namely X MIPA 1 collected 26 students, X MIPA 2 collected 27 students and X MIPA 3 collected 26
students. The results of the research are: 1.) The development of interactive learning media based on
Lectora Inspiration was approved by media, linguistics, education and IT lecturers, the result was
0.737, so it can be concluded that the validation level is "sufficient". 2.) Interactive educational
resources inspired by lectora by two geography teachers have a total score of 214 and an average
score of 4.89 and a percentage value of 98% which is categorized as "Very Good". 3) Lectora Inspire
interactive learning media was declared "Very Practical" with a score of 2,920 with an average level
of 4.71 and a percentage of 94%. The average implementation class is 88, the control class average is
64, meaning that the implementation class is better than the control class.
Keywords: Development, Lectora Inspire, Learning Outcomes
References
Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Diana, P., & Jaya, P. (2021). Pengembangan Materi Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMK Negeri 5 Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(1), 32. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.110688
Hidayat, S. R., Setyadin, A. H., Hermawan, H., Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 157–166. https://doi.org/10.21009/1.03206
Isa, M. E. (n.d.). Pengembangan Media Fokusky pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. 182–189.
Kurniawati, T. D., Akhdinirwanti, R. W., & Fatmaryanti, S. D. (2021). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains ( JIPS ). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS, 2, 32–41.
Latifah, S., Yuberti, Y., & Agestiana, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 9–16. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.3851
Maria Zulfiati, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Ips Berbasis Ict (Information and Communications Technology) Dengan Aplikasi Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jipsindo, 1(1), 39–58. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2878
Mariezki, R., Juita, E., & Tanamir, M. D. (2021). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Suplemen Pembelajaran Geografi Pada Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 54–62. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11043
Muflia, N., & Hambali. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02(01), 75–79.
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. 05(01), 48–64.
Octavina, M. T., & Susanti. (2021). Pengembangan Media Interaktif Program Lectora Inspire Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Kelas Xi Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(2), 142–151.
Suarno, D. T., & Sukirno, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Dengan Tema Pemanfaatan Dan Pelestarian Sungai Untuk Siswa Kelas Vii Smp. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 115–125. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7663
Sugiyono, 2013. Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Tuasalamony, K., Hatuwe, R. S. M., Susiati, Masniati, A., & Marasabessy, R. N. (2020). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri 5 Namlea. Pedagogy, 6948, 81–91.
Widiastuti, A., & Wangid, N. (2015). Pengembangan Multimedia Lectora Pada Pembelajaran Tematikintegratif Berbasis Character Building Bagi Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 229–247. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8626
Yanti, E. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash Pada Materi Pembelahan Sel Kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Raya. Jurnal Bioeducation, 4(2), 15–24.
Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMA Kelas X. Pythgoras, 5(2), 113–119.