Adopsi Media Sosial: Problem-Based Learning Berbantuan Instagram dan Whatsapp Group dalam Pembelajaran Geografi
DOI:
https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7566Keywords:
problem-based learning, instagram, whatsapp groupAbstract
Teknologi dan pengetahuan mengalami perkembangan yang sangat pesat diberbagai bidang tak terkecuali dunia pendidikan. Perkembangan ini ditandai dengan adanya pembelajaran digital (digital learning). Pembelajaran digital merupakan kegiatan belajar mengajar dimana guru dan siswa dapat berkomunikasi secara interaktif melalui teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu contohnya adalah perangkat seluler dengan berbagai aplikasinya yang dimanfaatkan untuk mengakses pembelajaran secara online. Penelitian ini bertujuan melihat capaian peningkatan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam model problem-based learning berbantuan Instagram dan Whatsapp Group pada mata pelajaran Geografi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebanyak 36 siswa. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 7 Malang. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan metode ini dapat meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran daring. Siswa memiliki rasa tanggung jawab, peningkatan kreatifitas, berpikir solutif, dan dapat meningkatkan pemahaman siswa.
References
Aripin, I. (2018). Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1): 1-9.
Al-Maroof, R. S., Salloum, S. A., Hassanien, A. E., & Shaalan, K. (2020). Fear from COVID-19 and technology adoption: the impact of Google Meet during Coronavirus pandemic. Interactive Learning Environments, 1-16.
Asio, S. M., & Khorasani, S. T. (2015). Social Media : A Platform for Innovation. Proceedings of the 2015 Industrial and Systems Engineering Research Conference, 1496–1504.
Azer, S. A. (2012). Can YouTube help students in learning surface anatomy?. Surgical and Radiologic Anatomy, 34(5), 465-468.
Calimag, J. a N. N. V, Miguel, P. A. G., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitous Learning Environment Using Android Mobile Application. International Journal of Research in Engineering and Technology, 2(2), pp 119–128.
Darmawan, D. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dewi, K., Indahwati, K., & Febrianti, L. (2021a). Microblog dan Mobile Learning: Inovasi Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Creativity Skill. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 9(3), 164-174.
Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021b). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 533-541.
Dewi, K., & Rosyida, F. (2021). Analisis mobile learning berbantuan media sosial dalam meningkatkan knowledge, creativity, dan innovation skill. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 1138-1151.
Dewi, K., & Sahrina, A. (2021). Urgensi augmented reality sebagai media inovasi pembelajaran dalam melestarikan kebudayaan. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 1077-1089.
Dewi, K., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2021c). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 92-102.
Duggan, M., & Smith, A. (2013). Demographics of key social networking platforms. Internet & Technologi.
Fidian, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Instagram sebagai Media Pembelajaran terhadap Peningkatan Motivasi Menulis Mahasiswa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2), 8-14.
Fitri, A.D. (2016). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. JMJ, 4(1), 95 –100.
Flavin, M. (2017). Disruptive technology enhanced learning: The use and misuse of digital technologies in higher education. https://doi.org/10.1057/978-1-137-57284-4.
Hadya J.D. (2019). Pengguna WhatsApp di Indonesia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/23/akses-dibatasi-berapa-pengguna-whatsapp-di-indonesia
Halle, R. F. (2019). Penerapan Model Blended Learning Berbasis Whatsapp untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAK Kesuma Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sana Dharma.
Hamzah, R.E. (2015). Penggunaan Media Sosial Di Kampusdalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. Wacana, 14(1), 45-70.
Hanoum, R.N. (2014). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Media Sosial. Edutech, 1(3): 400-408.
Hedianti, A. S. (2021). Pengaruh Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 3 Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hoyles, C., & Lagrange, J.-B. (Eds.). (2010). Mathematics education and technology--Rethinking the terrain. New York, NY/Berlin, Germany: Springer.
Indrayani, E. & Suliworo, D. (2018). Dampak pemanfaatan WhatsApp dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fisika. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25-31.
Khalitova, L., & Gimaletdinova, G. (2016). Mobile Technologies In Teaching English As A Foreign Language In Higher Education : A Case Study Of Using Mobile Application Instagram. Mobile application Instagram as an educational environment, 6155–6161.
Laksono, E. I., Damayanti, E., & Santoso, I. (2019). Students’ Perception Towards the Application of Social Media Instagram as an Instructional Media. Project: Professional Journal of English Education, 2(4).
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/Pembelajaran%2520Digital.pdf&ved=2ahUKEwj-oITXwpbpAhWf7HMBHYxmDaIQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw3FGMSFjUjBN9Rjdvb5NBzI&cshid
Nadeak, B. (2020). The Effectiveness of Distance Learning Using Social Media during the Pandemic Period of Covid-19: a Case in Universitas Kristen Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 1764–1772.
Nana & Surahman, E. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNFA(Seminar Nasional Fisika danAplikasinya), 82-90.
Pustikayasa, I.M. (2019). Grup WhatsAppSebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62.
Putrawangsa, S. & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0: Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. JURNALTATSQIF: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16(1), 42-54.
Rahmawati, Y., Ridwan A., Hadinugrahaningsih, T., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani., A., & Fatimah, C. (2018). Keterampilan abad 21 dan steam project dalam pembelajaran kimia: (science, technology, engineering, art and mathematics). Jakarta: CV Campustaka.
Ruhimat, M., Ningrum, E., & Wijayanto, B. (2018). The Implementation of Problem-based learning toward Students’ Reasoning Ability and Geography Learning Motivation. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/145/1/012035
Shofiyah, N. & Wulandari, F.E. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(1), 33-38.
Sholikhah, S. (2019). The Use of Instagram as a Media to Teach Students’ Writing Recount Text. Prominent, 2(2). https://doi.org/10.24176/pro.v2i2.3881
Siemens, R., & Schreibman, S. (Eds.). (2013). A companion to digital literary studies. John Wiley & Sons.
Traxler, J. (2007). Defining, Discussing, and Evaluating Mobile Learning: The moving finger writes and having writ…. International Review of Research in Open and Distance Learning, 8(2), 1–12.
Umami, N., & Suja, I. S. (2019). Pengaruh penggunaan media sosial whatsapp terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMK Negeri 2 Boyolangu tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 94-98.
Utami, R.P., Probosari, R.M., & Fatmawati, U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Surakarta. BIO-PEDAGOGI, 4(1), 47-52.
Utomo, S.W. & Ubaidillah, M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional Di Universitas Pgri Madiun. KWANGSAN: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 199-211. http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211
Yeung, S. (2010). Problem-Based Learning for Promoting Student Learning in High School Geography. Journal of Geography, 109(5), 190–200. https://doi.org/10.1080/00221341.2010.501112
Zakia, A. R., Djamahar, R., & Rusdi, R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Sosial E-Learning Terhadap Hasil Belajar Sekolah Menengah Pada Sistem Pencernaan. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 21–28. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.395