PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA PROGRAM IPS DI MAN 3 MALANG

Authors

  • Mishad Mishad

Abstract

Dalam proses belajarnya peserta didik atau siswa menghadapi berbagai faktor, diantaranya adalah faktor kebiasaan belajar, kepercayaan diri dan lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya  pengaruh secara parsial (sendiri-sendiri) atau simultan (bersama-sama) antara kebiasaan belajar, kepercayaan diri dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa program IPS di MAN 3 Malang.Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program IPS MAN 3 Malang yang tinggal bersama orang tua mereka, atau tidak kos dan tidak tinggal di ma’had MAN 3 malang yang berjumlah 84 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan keluarga  terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa program IPS di MAN 3 Malang, dengan nilai F hitung 10,209. Variabel kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,280. Variabel kepercayaan diri berpengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,552. Variabel kepercayaan diri berpengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,583.

Downloads

How to Cite

Mishad, M. (2017). PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA PROGRAM IPS DI MAN 3 MALANG. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(1), 122–135. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1733

Issue

Section

Articles