PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ADAPTIF DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn (Studi Pada : Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kalipare Tahun Pelajaran 2016 – 2017)

Authors

  • Sugeng Giyanto SMPN 01 Kalipare

Abstract

Penelitian “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Adaptif dan Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar PKn di SMP Negeri 1 Kalipare Kabupaten Malang†yaitu penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Adaptif dan penggunaan Internet terhadap prestasi belajar Siswa SMP Negeri 1 Kalipare, suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Metode pembelajaran Adaptif pada penelitian ini, merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran dari gabungan beberapa metode pembelajaran yang terdiri dari Apel Kelas, Diskusi antar Kelompok, Presentasi tanpa Teks, dan Positif Reinforcement (Penguatan Positif). Berdasarkan hasil pengujian beda rata-rata dengan kruskal Wallis dapat diketahui bahwa nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan signifikan rata-rata post test prestasi belajar PKn antara siswa yang mendapatkan penerapan metode pembelajaran adaptif, siswa yang menggunakan internet dan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab) pada siswa SMP Negeri 1 Kalipare Nilai rata-rata tertinggi adalah pada kelompok eksperimen 1 yaitu metode adaptif yaitu sebesar 80,55 sedangkan rata-rata eksperimen 2 yaitu metode penggunaan internet menempati urutan kedua yaitu sebesar 77,09 sedangkan yang paling rendah nilai rata-ratanya adalah kelompok kontrol, yaitu metode konvensional, yaitu sebesar 63,30. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penggunaan metode Adaptif dan Penggunaan Internet dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 1 Kalipare. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Adaptif, Penggunaan Internet dan Prestasi Belajar PKn

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Erwin Sutomo. (2012) 9 Presentasi Kreatif dengan Power Point 2007. Yogyakarta : Andi Publisher

Nana Sudjana. Ibrahim. (2004) Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Franzoni. A. L. & Assar. S. (2009) Student Learning Styles Adaptation Method Based on Teaching Strategies and Electronic Media. Educational Technology & Society

Pidarta. (2007) Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia : PT Rineka Cipta

Pratita Ruwahidha Nur Ichsan. (2010) Peningkatan motivasi karir melalui teknik diskusi kelompok kecil (Buzz Group Discussion) Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Skripsi. FIP-UNY.

H. Pawit M. Yusup. M.S. (2009) Ilmu Informasi. Komunikasi. dan Kepustakaan Jakarta : PT Bumi Aksara

Mujib M. (2013) Pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Yogyakarta. Thesis : UIN Sunan Kalijaga

Mulyasa. (2007) Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosda.

Downloads

How to Cite

Giyanto, S. (2017). PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ADAPTIF DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn (Studi Pada : Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kalipare Tahun Pelajaran 2016 – 2017). Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(2), 281–295. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1898

Issue

Section

Articles