PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, RELIGIUSITAS, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BANK SYARIAH INDONESIA

Main Article Content

Ahmad Zam Zam Almaqi
Candra Wahyu Hidayat
Candra Wahyu Hidayat

Abstract

Tujuan Penelitian dalam hal ini guna mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, religiusitas, serta kepercayaan terhadap bagaimana minat dalam menabung masyarakat pada Bank Syariah Indonesia. Penelitian berikut memakai metodologi kuantitatif dimana metode ini mengacu pada paradigma positivis. Jenis dalam penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Responden penelitian sebanyak 120 orang, populasi penelitian ini terdiri dari warga Kota Malang yang menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Instrumen dalam penelitian kali ini dinyatakan valid serta reliabel dengan menggunakan pengujian validitas dan pengujian reliabilitas. Teknik dalam pengumpulan responden dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi liear berganda menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada saat yang sama, kualitas pelayanan, religiusitas serta kepercayaan secara signifikan mempengaruhi minat menabung. Secara parsial, persepsi kualitas pelayanan, religiusitas, serta kepercayaan secara signifikan mempengaruhi minat dalam menabung masyarakat.

Article Details

How to Cite
Almaqi, A. Z. Z., Hidayat, C. W., & Hidayat, C. W. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, RELIGIUSITAS, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BANK SYARIAH INDONESIA. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 11(2), 98–105. https://doi.org/10.21067/jrmm.v12i1.10655
Section
Articles

References

Agustinus, M. (2021). Dalam 5 Tahun, Pangsa Pasar Perbankan Syariah di Indonesia Hanya Tumbuh 1 Persen. https://kumparan.com/kumparanbisnis/dalam-5-tahun-pangsa-pasar-perbankan-syariah-di-indonesia-hanya-tumbuh-1-persen-1wMp1BvU8xc/full

C. Mowen, J. dan M. M. (2002). Perilaku Konsumen. Erlangga.

Fandy, T. (2000). Manajemen Jasa (Edisi Kedu). Andy Offiset.

Handinda, R. D., & Sholeh, M. (2018). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Economia, 14(1), 84–90.

Hardana, A., Nasution, J., & Damisa, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. BSI Cabang Padangsidimpuan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 828–838. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Gaya Media.

Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. BALANCE Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815

Jasin, H., Mujiatun, S., Fauzi Rambe, M., & Bahagia Siregar, R. (2021). Apakah Kepercayaan Memediasi Pengaruh Reputasi Bank dan Religiusitas Terhadap Purchase Intention? Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 86–102. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i1.5630

Junaedi, A. T. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keadilan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Propinsi Riau). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(1).

Karim, A. (2011). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Rajawali Press.

Kartika, C., Yusuf, Y., Hidayat, F., Krinala, E., Fauzi, S. N., Sari, A. P., Firmansyah, E., & Wahyudi, W. (2019). Pengaruh Religiusitas, Trust, Corporate Image, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri Di Surabaya. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(2), 53–82. https://doi.org/10.25139/dev.v4i2.2803

Kotler, P. dan K. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedu). PT. Indeks, Jakarta.

Kusnandar, V. B. (2021). RISSC: Populasi Muslim Indonesia Terbesar di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/rissc-populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia

Maski, G. (2010). Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik Studi pada Bank Syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1), 43–57.

Nashori, F. dan R. D. M. (2002). Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Menara Kudus.

Nengsih, T. A., Arsa, A., & Putri, P. S. (2021). Determinan minat menabung masyarakat di Bank Syariah : Studi empiris di kota Jambi. Journal of Business and Banking, 11(1), 93–111. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2599

Nengsih, T. A., Hamzah, M. M., & Olida, A. (2021). Analisis Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah Indonesia Studi Empiris Desa Pelawan Jaya. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 5(2), 28. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v5i2.22126

Nuraini, P. & H. (2021). Analysis Of The Influence Of Service Quality And Religiosity On Teachers’ Interest Of Al-Kautsar Islamic Boarding School In Saving At Islamic Banks In Pekanbaru. 10(1), 62–81.

Purwaningsih, H. (2020). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Empiris pada Nasabah Bank Syariah di Gunungkidul). Skripsi, 1–14.

Rahmawati, E. N., Kafid, N., & Wijaya, T. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Masyarakat Memilih Produk Pembiayaan Paa Bank Syariah. Anil Islam, 10(1), 3–24.

Sidik, S. (2021). Kemenkumham: Merger 3 Bank Syariah BUMN Efektif 1 Februari. https://www.cnbcindonesia.com/market/20210129145327-17-219683/kemenkumham-merger-3-bank-syariah-bumn-efektif-1-februari

Sugiarto, E. (2002). Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Gramedia.

Suprihati et al. (2021). Pengaruh Religiusitas , Budaya , Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. 7(01), 443–450.

Tripuspitorini, F. A. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Negeri Bandung untuk Menabung di Bank Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 54–69.

Wibowo. (2011). Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang (Edisi ke-1). Rajawali Press.

Zulganef. (2002). Hubungan Antara Sikap Terhadap Bukti Fisik, Proses, dan Karyawan dengan Kualitas Keterhubungannya serta Peranannya dalam Menimbulkan Niat Membeli Ulang dan Loyalitas. Jurnal Riset Dan Manajemen, 2(3), 98–115.