PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CHALLISTA BEAUTY SALON DI KOTA MALANG

Main Article Content

Teresia Indrawati
Iva Nurdiana Nurfarida
Arien Anjar Puspitosari

Abstract

Penampilan menarik menjadi keinginan banyak individu di era saat ini, terutama melalui perawatan di salon kecantikan. Challista beauty Salon, salah satu salon unisex di Kota Malang, berupaya mempertahankan pelanggan dengan menawarkan pengalaman positif dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumennya. Kepuasan pelanggan adalah prioritas utama, karena mempengaruhi kinerja dan reputasi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah Customer Experience, Promosi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan Challista Beauty Salon di Kota Malang. Customer Experience, Promosi dan Kualitas Pelayanan adalah variabel bebas dalam penelitian ini dan kepuasan Pelanggan sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini yaitu explanatory research Pelanggan Challista Beauty Salon adalah subjek dalam penelitian yang dilakukan di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Probability Sampling dimana jenis pengambilan sampel ini tidak acak, dan informasinya diperoleh melalui pertimbangan tertentu. Studi ini menggunakan analisis Regresi linear berganda dan mendapatkan hasil bahwa secara secara bersamaan (uji F) variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat dan juga secara parsial (uji T) memiliki pengaruh dari ketiga variabel bebas terhadap kepuasan pelanggan baik itu secara positif maupun secara signifikan.

Article Details

How to Cite
Indrawati, T., Nurfarida, I. N., & Puspitosari, A. A. (2024). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CHALLISTA BEAUTY SALON DI KOTA MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 11(2), 79–89. https://doi.org/10.21067/jrmm.v11i2.10656
Section
Articles

References

Afif, F. (2018). Rangkuman Kolom Cluster I, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif. Binus.

Ajininggar, D. R. (2023). Pengaruh Pengalaman Pelanggan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Maxpress Coin Laundry Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 185.

Blom, A., Lange, F., & Hess, R. L. (2021). Omnichannel promotions and their effect on customer satisfaction. European Journal of Marketing, 55(13), 177–201. https://doi.org/10.1108/EJM-12-2018-0866

BPS. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur (Jiwa), 2021-2023. https://jatim.bps.go.id/indicator/12/375/1/jumlah-penduduk-provinsi-jawa-timur.html

Fajarini, A., & Meria, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Klinik Kecantikan Beauty INC). Jurnal Ekonomi, 1(2), 481–491.

Gentile, C., Spiller, N., & Noci, G. (2021). How to Sustain the Customer Experience:. An Overview of Experience Components that Co-create Value With the Customer. European Management Journal, 25(5), 395–410. https://doi.org/10.1016/j.emj.2007.08.005

Ghozali, I. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Ed 8,. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Edisi ke 3. Semarang: Uversitas Diponegoro.

Ginting, D. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Kemudahan Penggunaan, Customer Experience dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Zalora. Media Informatika, 21(3), 245–263. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v21i3.155

Hasfar, M., Militina, T., & Achmad, G. N. (2020). Effect of customer value and customer experience on customer satisfaction and loyalty pt meratus samarinda. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 2020(1), 84–94.

Hasibuan Dinda Rahmalia. (2020). Strategi Promosi Salon Azka Beauty Dalam Menarik Minat Konsumen Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang. Repository.Uma.Ac.Id.

Heriyadi, E. J. (2021). Analisis Pengaruh Customer Experience dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minat Beli Ulang Pada Starbucks Coffee di Pontianak : Perspektif B2C. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 9(2), 88–106. https://doi.org/10.26418/ejme.v9i2.46785

Hidayat, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6741. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p18

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021a). Marketing Management. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=zXpfzgEACAAJ

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021b). Philip_Kotler_Manajemen_Pemasaran_Edisi 13. http://docplayer.info/31435130-Bab-iii-landasan-teori-membeli-untuk-mewujudkan-kepuasan-konsumen-maka-perusahaan-harus.html

Le Thi Hai Van. (2023). Roles of customer experience toward customer satisfaction in the beauty industry. International Journal of Engineering And Science, 13(2), 92–100.

Lubis, R. H., Ramadhan, Z., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Promo Gratis Ongkir Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Organisasi (JUMBO), 5(3), 562. https://doi.org/10.33772/jumbo.v5i3.22267

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa.

Maskun, L., Soegoto, A. S., & Jorie, R. J. (2020). Pengaruh Customer Experience Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Steiner Salon Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1268–1277.

Mulyani, S., & Haryanti, I. (2020). Pengaruh Experiental Marketing dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Laki Lucky Babershop. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 1. https://doi.org/10.25273/capital.v4i1.7354

Napitupulu, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Poespa Salon & Spa Bekasi Barat. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 20(2). https://doi.org/10.35137/jei.v20i2.316

Pei, X. L., Guo, J. N., Wu, T. J., Zhou, W. X., & Yeh, S. P. (2020). Does the effect of customer experience on customer satisfaction create a sustainable competitive advantage? A comparative study of different shopping situations. Sustainability (Switzerland), 12(18), 1–19. https://doi.org/10.3390/SU12187436

Safitri, A., Zahroh, F., Naufaliadi, R., Nugroho, R. T., Sofyan, M., Rahmawati, N. F., & Maulina, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Sofyan Frozen. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 2(2), 470–478. https://doi.org/10.53363/buss.v2i2.99

Sagita, A. E., Najib, M., & Yasid, M. (2020). Marketing Mix and Consumer Characteristics on Purchasing Decisions and Customer Satisfaction in Muslimah Salons in Bogor City. Jurnal Syarikah, 6(1), 47–57.

Sela, N. S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Wedding Organizer Laely Salon di Bogor. Maker: Jurnal Manajemen.

Smilansky, S. (2021). Experiential Marketing : A Practical Guide To Interactive Brand Experiences.

Sudirman, R., Salfadri, & Firdaus, T. R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan d’Dhave Hotel Purus Padang. Jurnal Matua, 4(1), 201–214.

Sugiyono, D. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Susiloadi, P., & Nirmala, V. S. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo. Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 204. https://doi.org/10.20961/sp.v17i2.66883

Syakhnur, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bisnis Jasa Salon Reza Di Kabupaten Kolaka. Agora, 1(4). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/12076%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/download/12076/10606

Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran, Edisi III, CV. In Andi Offset, Yogyakarta.

Tran, V. D., & Le, N. M. T. (2020). Impact of service quality and perceived value on customer satisfaction and behavioral intentions: Evidence from convenience stores in Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), 517–526. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO9.517

Trianto, F. E., Azhad, M. N., & Hermawan, H. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Salon Sheryl.